Jubileum 150 Tahun dan MBO HKBP Simangumban

HKBP Simangumban Resort Simangumban merayakan sukacita pesta Mameakhon Batu Ojahan (MBO) dan Jubileum 150 Tahun tepat pada Minggu IV Dung Epiphanias (29/1/2023). 

Pesta MBO dan Jubileum 150 Tahun dilaksanakan pada pukul 10.00 dan dibuka dengan prosesi tortor anak sekolah minggu, serta penandatangan prasasti oleh Ompui Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar.

Pesta syukur ini turut dilayani oleh Praeses Distrik II Silindung, Pdt. Hasudungan Manalu sebagai liturgis, Praeses Distrik XIV Tebing Tinggi Deli, Pdt. Sikpan Sihombing sebagai pendoa syafaat, dan Ompui Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar sebagai pengkhotbah.


Dalam khotbah yang berdasar pada Ayub 12:13-25, Ompui Ephorus menyampaikan agar jangan biasakan mengandalkan kebijaksanaan diri sendiri, namun andalkanlah kebijaksanaan Allah. Kebijaksanaan manusia tak kekal dan masih ada celah kelemahan, namun kebijaksanaan Allah tetap dan kekal.


Tirulah Ayub yang tak meninggalkan Allah terlebih di masa tersulitnya. Allah adalah sumber kekuatan. Kebijaksanaan dan kebergantungan pada diri sendiri akan mencelakakan, namun bergantung pada Allah membawa manusia pada keselamatan.



Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan kegiatan hiburan yang juga dihadiri oleh Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, MSi. Pada sambutannya, Bapak Bupati mengatakan bahwa Desa Simangumban berbatasan dengan Tapanuli Selatan. Ini berarti masyarakat Desa Simangumban hidup berdampingan dengan masyarakat yang berbeda kultur dan agama. Kiranya kerukunan dan indahnya keberagaman dapat terus tercipta dan terjaga.


Acara hiburan dilaksanakan di halaman gereja dan dihadiri oleh para undangan, baik jemaat HKBP Simangumban, maupun para undangan dari gereja tetangga. Acara hiburan meliputi: pemotongan kue, tortor sekolah minggu, tortor pangula na gok tingki, dan lelang. (BTIK)



Pustaka Digital