HKBP Topang Pembangunan Parau Sorat Center GKPA Melalui Fund Rising Ompu i Ephorus

Orientasi pelayanan HKBP pada tahun 2024 adalah Oikumene Inklusif. HKBP berupaya mewujudkan orientasi pelayanan tersebut dengan membantu pelayanan gereja-gereja lain,  seperti GKPM, gereja-gereja di Afrika dengan pengiriman misionaris. Sebelumnya pada tahun 2022, HKBP juga turut menopang Lembaga Alkitab Indonesia (LAI)


Sebenarnya HKBP bukan gereja yang berlebih dari segi finansial, tetapi HKBP ingin mengimplementasikan visinya, " menjadi berkat bagi dunia."


Selama masa covid, HKBP bekerjasama dengan pemerintah dalam penyaluran vaksin kepada masyarakat tanpa membedakan suku, agama dan ras. Dalam pelayanannya, HKBP hendak menghadirkan kebaikan Allah kepada semua orang.Topangan yang dilakukan oleh HKBP untuk  pembangunan Parau Sorat Center GKPA melalui Fund Rising oleh  Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar sebagai bagian menghadirkan kebaikan Allah kepada semua orang.


Penyerahan dana  topangan tersebut dilaksanakan   pada Jumat (13/9/2024),  di Ruang Oval, Kantor Pusat HKBP, Pearaja-Tarutung.


Ompu i Ephorus didampingi Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr.  Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th menyerahkan secara simbolis bantuan pembangunan Parau Sorat Center kepada Ephorus GKPA, Pdt. Ramos BB Simanjuntak, S.Th didampingi Sekretaris Jenderal GKPA, Pdt. Reinhard Siregar, M.Min dan Panitia Pembangunan Parau Sorat Center.


Jumlah bantuan  yang  diserahkan  HKBP itu sebanyak Rp. 1.181.682.000. Ompu i Ephorus menceritakan bahwa bantuan dana itu merupakan keterbukaan hati pelayan, jemaat dan pemerhati HKBP. 


Yang ditargetkan sebenarnya dari HKBP adalah satu miliar rupiah, tetapi ini lebih. Semuanya ini merupakan kebaikan Tuhan yang membukakan hati semua yang mengasihi HKBP untuk membantu Pembangunan Parau Sorat Center GKPA, jelas Ompu i Ephorus.


Ephorus GKPA berterima kasih kepada HKBP yang telah membantu GKPA. Periode lalu Pimpinan GKPA telah hadir memohon bantuan HKBP untuk pembangunan Parau Sorat Center ini, tetapi buahnya di periode ini di bawah kepemimpinan Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar,  ucap Pdt. Ramos Simanjuntak khususnya.


"Ompu i Ephorus ini selalu menyampaikan kepada kami Pimpinan Gereja-gereja yang tergabung di Komite Nasional-Lutheran World Federation (KN-LWF) di Indonesia bahwa  seorang pemimpin itu harus mampu menggerakkan semua lini untuk pelayanan. Wejangan itu selalu kami ingat dan implementasikan dalam kepemimpinan di gereja kami masing-masing," jelas Ephorus GKPA.


Peresmian Parau Sorat Center GKPA direncanakan pada tanggal 17 November 2024 mendatang. Semua pimpinan Gereja-gereja, khususnya yang tergabung dalam KN-LWF akan diundang untuk hadir di acara itu, terang Pdt. Ramos. (B.TIK)


Pustaka Digital