Renungan Harian HKBP | 22 Agustus 2024

Syalom, bapak, ibu, saudara dan saudari di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Kita kembali berjumpa dalam renungan harian Marturia HKBP. Sebelum merenungkan firman Tuhan, marilah kita berdoa!

Doa Pembuka: Ya Allah Bapa, terpujilah namaMu di atas segala nama, yang menyediakan kehidupan bagi kami semua umatMu. Terimakasih Engkau masih mengizinkan kami sampai pada hari ini, menikmati segala berkat Tuhan, semakin lengkapilah kami ya Tuhan, khususnya menjalani segala pekerjaan kami hari ini, kiranya Tuhan menolong kami dengan FirmanMu yang hidup, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

Bapak, Ibu, saudara dan saudari. Yang menjadi renungan kita pada hari ini tertulis dalam Yeremia 24:7 “Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-ku dengan segenap hatinya.”

Demikian Firman Tuhan!

 Bapak/Ibu dan saudara/i, ayat ini hadir bagi orang Israel ketika mereka sedang dihukum, karena perbuatan mereka yang jahat di hadapan Allah. Kehidupan mereka menjadi sulit, tinggal di tanah orang, namun di tengah keadaan mereka ini, Allah memberikan janji pengharapan bagi bangsa Israel. Itulah sebabnya nabi Yeremia diutus oleh Allah memberikan firmanNya kepada umatNya.

Dengan peristiwa ini, kita dapat belajar bahwa Allah selalu menjadi peran utama bagi kehidupan manusia, Ia selalu bersedia menghibur orang yang sedang menderita bahkan memberikan jaminan kehidupan. Di awal ayat ini, Allah memberikan hati bagi umatNya agar mengenal siapa Allah. Manusia dapat mengenal Allah hanya dengan memberikan hatinya dikuasai oleh Allah. Hati manusia yang keras dan dikuasai kejahatan hanya bisa dipulihkan oleh pengenalan kita kepada Allah.  Mengapa demikian?  Allah adalah Allah yang menyayangi umatNya. Allah ingin umatNya jauh dari perbuatan dosa, meninggalkan ketidaktaatannya, meninggalkan cara hidup yang lama, dan segera memulai hidup yang baru di dalam Tuhan.

Bapak Ibu dan saudara saudari, tentu semua kita sudah tahu, Allah dengan pengasihanNya memberikan Yesus sebagai ganti dosa kita. Allah tahu bahwa tidak satupun dari manusia yang mampu memulihkan hidupnya selain daripada Allah sendiri. Oleh karena itulah, Yeremia 24 sedang mengingatkan kita lagi dan lagi, agar tidak satupun dari kita yang berhenti memperbaharui hubungannya dengan Allah. Itulah arti kedatangan Kristus, supaya anda dan saya semakin mengenal Dia lebih dekat dan mengenal kasihNya yang begitu besar. Marilah bapak ibu, kita senantiasa meminta kepada Tuhan agar kita semua diberikan hati yang baru, yang peka terhadap kehendak Allah dan pengenalan kita kepada Allah semakin bertumbuh. Amin.

Doa Penutup: Kami kembali mengucap Syukur ya Tuhan, kasihMu yang luarbiasa melalui FirmanMu hari ini mengajari kami agar menjadi orang-orang yang hidup di dalam Tuhan memiliki hati yang baru. Agar kami semakin ingat, semakin peka dan menghidupi panggilanMu terhadap kami semua. Kami serahkan ya Tuhan segenap hati kami kepadaMu, agar senantiasa dipimpin olehMu hari ini, esok sampai selamalamanya. Terimalah doa kami ya Tuhan, melalui Kristus Yesus Tuhan kami. Amin.

C.Pdt. Mega Masria Siagian, S.Th - LPP III di Kantor Sekjend HKBP 

 

Pustaka Digital