"Pesta Parningotan Ari Hananaek Ni Tuhan Jesus
Topik: Gabe Sitindangi Ni Kristus Tu Sandok Portibi On (Menjadi Saksi Kristus Sampai ke Ujung Bumi)"

Ev: Ulaon ni Apostel 1:6-11/Ep: Psalmen 68:8-19

Ephorus Lantik Dan Pimpin Rapat Perdana Panitia Rapat Pendeta HKBP 2021


Rapat Pendeta HKBP dilakukan sekali dua tahun sesuai dengan  amanah Aturan Peraturan HKBP 2002 setelah Amandamen III.  Pada tahun 2021, HKBP mengadakan Rapat Pendeta yang direncanakan pada 25-29 Oktober 2021.


Sebagai persiapan pelaksanaan Rapat Pendeta itu, pada  Kamis (25/5), Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melantik Panitia Rapat Pendeta HKBP 2021 di Gedung Raja Pontas Lumbantobing. Sejumlah 40 orang panitia mengikuti pelantikan dengan onsite dan panitia lain mengikutinya secara insite atau virtual. 

Usai pelantikan, Ompu i Ephorus, yang juga sebagai Ketua Rapat Pendeta HKBP pimpin  rapat perdana panitia. Ephorus menyebut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh panitia. Pertama, pada Rapat Pendeta HKBP 2021 ini, ada agenda pemilihan Ketua Rapat Pendeta ( KRP) untuk periode berikutnya. Kedua, mulai pertengahan Juni - September 2021,  semua (32) Distrik HKBP  akan mengadakan Rapat Pendeta Distrik. Semua keputusan rapat pendeta distrik akan disampaikan ke rapat pendeta hatopan, setelah dikompilasi Komisi Teologi dan topik-topik lain juga ikut akan dibicarakan oleh Rapat Pendeta Hatopan. Diharapkan kerjasama yang di antara panitia, sehingga Rapat Pendeta dapat berlangsung dengan baik.


Ketiga, situasi dan kondisi pandemi Covid-19 meningkat di Indonesia saat ini. Panitia mempersiapkan beberapa model. Jika situasi semakin buruk, maka Rapat Pendeta dilakukan virtual. Bila situasi memungkinkan Rapat Pendeta dilakukan dengan semi virtual. Panitia harus memperhitungkan jumlah pendeta yang dapat hadir secara onsite. Oleh sebab itu, Panitia tetap menjalin kerjasama dengan pemerintah dan gugus tugas setempat.  Keempat, Ephorus menginformasikan kepada panitia bahwa HKBP akan menjadi Tuan Rumah Konferensi Perempuan LWF  Se-Asia, PGI Sumut, Konsultasi Nasional Kaum Pria dan Bapak dari PGI. Di samping itu, HKBP akan mengadakan Rapat Praeses dan Rapat MPS sebelum Rapat Pendeta di Hatopan (Pusat). 

Dalam enam bulan ke depan banyak tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan sebaik-baiknya. Ephorus mengharapkan Panitia,  seluruh staf dan pegawai Kantor Pusat HKBP dapat bekerja efektif. (B-TIK)

Pustaka Digital