Minggu Jubilate di HKBP Pintubosi, Ressort Sipoholon VI Situmeang

Minggu yang cerah, 25 April 2021, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah di HKBP Pintubosi, Ressort Sipoholon VI Situmeang, Distrik II Silindung. Kebaktian dimulai pukul 10.15 WIB, karena kebaktian minggu pagi yang didominasi kaum remaja dan pemuda baru usai pukul 09.50 WIB. Sebagaimana lazimnya di gereja-geraja HKBP, penggalangan dana untuk sebuah program di gereja memanfaatkan metode lelang silua dari warga gereja, pada hari Minggu Jubilate ini HKBP Pintubosi sedang mengadakan acara lelang silua untuk mendukung program pembangunan pagar di pekarangan gereja. Acara lelang ini dilaksanakan sebelum kebaktian dimulai.

 

Kebaktian di gereja ini tetap menekankan protokol kesehatan. Para warga jemaat memakai masker selama kebaktian berlangsung. Kendati demikian, Jemaat mengikuti ibadah dengan semangat dan penuh sukacita. Nuansa minggu Jubilate – bersorak-sorai bagi Tuhan – sangat terasa sepanjang ibadah, terutama terlihat dari paduan Suara kategorial perempuan sebanyak 4 kelompok paduan suara bernyanyi dalam kebaktian. Kebaktian diiringi musik kibor dan saksofon. Salah satu pemain saksofon adalah remaja yang baru mulai berlatih enam minggu lalu oleh Pdt. Manatap Nainggolan, tetapi sudah mampu memainkannya dengan baik untuk mengiringi ibadah minggu.

 

Jumlah pengunjung kebaktian siang cukup banyak, mencapai 130 orang, sedangkan kapasitas bangku di dalam gereja sebanyak 200 seat.

 

Jemaat ini dipimpin oleh Pdt. Manatap Nainggolan, S.Th., dan terdapat 10 orang Sintua yang menggembalakan 135 KK jemaat yang terbagi ke dalam 3 lingkungan.


Seusai kebaktian berlangsung, para Sintua Kembali berkumpul di dalam gereja untuk menerima bimbingan pastoral dari Kepala Departemen Koinonia HKBP, terutama terkait dengan penjelasan Tahun Pemberdayaan HKBP 2021. Semua parhalado yang hadir mengikuti pembekalan yang disampaikan Ka. Dep. Koinonia, menunjukkan antusiasme yang tinggi dan merasa dikuatkan melalui pembekalan ini. (DK-NXC)



Pustaka Digital