Renungan Harian HKBP | 12 Oktober 2023


Selamat pagi bapak/ ibu dan saudara-saudara yang di kasihi oleh Yesus Kristus. Pagi hari ini, Kamis 12 Oktober  2023, kita berjumpa kembali dalam Renungan Harian dari Departemen Marturia HKBP. Kita akan mendengarkan Firman Tuhan yang akan menguatkan iman kita untuk tetap setia  kepada Tuhan Yesus Kristus Juruselamat kita. Untuk itu marilah kita memulai dengan bersaat teduh.


Saat teduh........................................

Doa Pembuka: Marilah kita berdoa! Puji dan syukur kami persembahkan kepadaMu Tuhan pagi hari ini, karena berkat dan pertolongan Tuhan kepada kami sehingga kami dapat melewati malam yang gelap dan Tuhan telah membangunkan kami pagi hari ini dari tempat tidur kami masing-masing, Tuhan memberikan tenaga, kesehatan dan kekuatan yang baru bagi kami. Untuk melakukan aktivitas kami hari ini. Ajarlah kami Tuhan untuk tetap bersyukur dan hidup setia kepada Tuhan. Karena itu, sebelum kami memulai aktifitas kami hari ini, kami akan mendengar FirmanMu, bukalah hati dan pikiran kami untuk menerima FirmanMu, supaya iman kami semakin teguh dan kami tetap berjalan di jalan yang Tuhan kehendaki. Terimalah doa permohonan kami, di dalam nama Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.


Pembacaan Nats : 2 Tawarikh 7 : 14

" Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.”


Saudara yang di Kasihi oleh Yesus Kristus, Nats ini adalah Firman Tuhan, saat Raja Salomo menyerahkan Bait Suci di Jerusalem kepada Allah ( 2 Tawarikh 6:12-16, 41-42).  Raja Salomo berdoa kepada Tuhan, supaya Tuhan sungguh-sungguh memperhatikan bangsa Israel, mendengarkan doanya dan membebaskan bangsaNya dari tangan musuh (2 Tawarikh 6:24-31) dan Tuhan mengampuni dosa umatNya. Lalu Allah menyatakan kemuliaannya di Bait Suci, api turun dari langit memakan habis korban bakaran dan korban-korban sembelihan dan kemuliaan Tuhan memenuhi Bait suci. Para Imam tidak dapat memasuki Rumah Tuhan, karena kemuliaan Tuhan memenuhi Rumah Tuhan (2Tawarikh 7:1-3). Lalu malamnya Allah menampakkan diri kepada Raja Salomo dan berbicara kepada Raja Salomo: Bahwa Dia telah mendengarkan doa Salomo dan Allah telah memilih tempat berdirinya bait suci yang di bangun Raja Salomo menjadi tempat yang disukainya. Selain dari pernyataan Allah kepada Raja Salomo bahwa Dia telah menyukai tempat berdiriNya Bait suci, Tuhan juga memberi nasehat kepada Salomo dan bangsa Israel tentang berkatnya kepada bangsa Israel.


Bangsa Israel Bertobat. 

Saudara yang di kasihi Yesus Kristus, Tuhan mempunyai kuasa untuk menghukum siapapun yang bersalah kepadaNya. Hukuman yang dijatuhkan oleh Tuhan sesuai dengan kehendaknya. Pada 2 Tawarikh 7:13 dikatakan : Tuhan menyatakan jika umatNya berdosa, Tuhan akan menutup langit sehingga tidak ada hujan, Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, melepaskan penyakit sampar untuk umatKu. Hukuman Tuhan ini sangat berat untuk kehidupan, karena Tuhan menutup segala yang memberi kehidupan kepada bangsa Israel, termasuk kesehatan Tubuh manusia. Tetapi jika umatnya bertobat kepada Allah Tuhan akan merobah hukuman menjadi berkat. Bertobat yang di maksud dalam nats ini bukan hanya perkataan, bukan hanya ibadah tetapi seluruh hidup dan kehidupan berbalik kepada Allah. Bentuk pertobatan yang di kehendaki Tuhan dari bangsaNya : dari ketinggian hati menjadi merendahkan diri di hadapan Tuhan, berdoa bukan hanya ritus atau ucapan saja tetapi sungguh-sungguh mencari wajah Tuhan. Bertobat bukan hanya ritus agama tetapi harus ada aksi, perbuatan yang nyata. Selama ini jalannya jauh dari jalan yang di kehendaki Tuhan, tetapi setelah pertobatan, jalan akan berbalik arah ke jalan yang di kehendaki oleh Tuhan (Metanoya). Dari Firman Tuhan yang kita dengar ini bahwa bertobat adalah sikap hidup yang berbalik kepada  Allah, kehidupan yang berbalik kepada Allah dalam hal iman percaya yang setia kepada Allah dan perbuatan yang harus tunduk kepada Hukum Taurat Tuhan.


Berkat dari Pertobatan.

Saudara yang dikasihi oleh Yesus, apa berkat yang akan diterima bangsa Israel setelah mereka bertobat ? Sebelumnya sikap Allah terhadap umatnya yang melakukan kesalahan, bahwa Tuhan tidak mendengarkan doa-doa bangsaNya, sebab di sana masih ada kemunafikan, tidak ada ketulusan. Tuhan sepertinya digambarkan menutup telinganya terhadap seruan bangsa Israel. Jika Tuhanmenutup telinganya, walau pun bangsanya berseru tidak ada waktu Tuhan untuk mendengarkanNya dan mengabulkalNya. Inilah gambaran kehidupan yang paling sakit jika seruan kita tidak ada lagi yang mau mendengarkan, semua menutup telinga terhadap seruan kita. Tetapi pertobatan yang bersumber dari pengenalan diri dan dari iman yang tulus, dan kita tunjukkan melalui perbuatan kita, Tuhan akan mendengarkan doa kita dan Tuhan mengampuni dosa-dosa kita. 


Pemulihan dari Tuhan.

Saudara yang dikasihi Yesus Kristus, pertobatan bangsa Israel yang di respons oleh Tuhan, bukan hanya di dengar oleh Tuhan, tetapi pengampunan Tuhan terhadap umatNya di teruskan dengan pemulihan. Pemulihan yang dimaksud adalah Allah memulihkan bangsaNya terhadap keadaan yang semula. Keadaan bangsa Israel sebelumnya adalah umat pilihan Tuhan, menjadi umat pilihan Tuhan diikuti dengan berkat Tuhan, bahkan menjadi berkat kepada orang lain (Kejadian 11:1-9). Tanah yang mereka tempati menjadi tanah yang penuh berkat, menjadi tempat yang memproduksi Susu dan menuai madu, bangsa yang ada di sekitarnya pun menjadi takut  kepada bangsa Israel. Tetapi ketika bangsa Israel berobah tidak setia kepada Tuhan, maka semua sumber kehidupan, sumber suka cita hilang oleh Allah, bahkan bangsa yang ada disekitarnya menjadi ancaman terhadap bangsa Israel. Jika Tuhan dalam nats ini berjanji akan memulihkan bangsa Israel, yang dipulihkan Allah adalah : Mereka dipulihkan menjadi umat Tuhan kembali yang menerima hak sebagai umat Tuhan, umatNya menjadi anakNya dan Tuhan menjadi bapakNya. Kedudukan bangsa Israel di hadapan Allah dipulihkan. Jika kedudukan bangsa Israel di pulihkan Allah mereka menerima berkat dari Tuhan. Berkat kehidupan dari Allah menyangkut seluruh aspek yang menjadi sumber kehidupan umatnya : air, udara, tumbuhan, binatang dan keamanan dirinya akan di jamin oleh Tuhan.



Saudara yang dikasihi Yesus Kristus….setelah kita mendengar sapaan Firman Tuhan pagi hari ini, kita di ingatkan untuk mengenal diri kita, dan jika kita telah mengetahui akan diri kita yang penuh dengan dosa dan kejahatan, Firman Tuhan mengingatkan kita, marilah berbalik kepada Tuhan, marilah meninggalkan segala dosa dan kejahatan kita, cintailah rumah Tuhan, beribadahlah dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan, maka Tuhan akan memulihkan kita menjadi umat yang dikasihi dan kita akan menerima kembali yang terbaik dari Tuhan. Amin.

Doa Penutup: Marilah kita berdoa! Terima kasih Tuhan,…Tuhan  telah menyapa kami pagi hari ini melalui FirmanMu supaya kami menyadari diri kami yang penuh dengan dosa dan pelanggaran, dan karenanya kami mengalahi perubahan dalam kehidupan kami, bahkan kami terbuang dari hadapanMu. Kami menderita, tidak ada harapan dan tempat pengaduan kami. Tetapi dengan sapaan firmanMu, kami mau bertobat, kami kembali kepangkuan Tuhan. Pulihkanlah kami menjadi umat yang Tuhan kasihi dan kami akan di jamini menerima berkat kehidupan dari Tuhan. Berkati kami satu hari ini, kemanapun kami pergi dan apa pun yang kami lakukan, hanya di dalam kehendak Tuhan saja. Amin.


Anugerah dari Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa, serta Persekutuan dari Roh Kudus, kiranya menyertai kita hari ini hingga selama-lamanya. Amin.

Gr. Pahot Sarumpaet, S.Th- Waka Biro Kategorial Ama dan Lansia  HKBP


Pustaka Digital