Renungan Harian HKBP | 4 Januari 2024

Perjuangkanlah Perkaraku 

Selamat pagi dan salam sejahtera  bagi saudara-saudari yang terkasih, semoga di pagi ini kita dalam keadaan sukacita dalam menyambut firman Tuhan. Sebelum kita mendengarkan Firman Tuhan, marilah kita terlebih dahulu saat teduh.


Doa pembuka: Marilah kita berdoa! Terima kasih  ya Tuhan atas Kasih setiaMu senantiasa menjagai dan memberkati kami, kami dapat bernafas hari ini karena kasihMu selalu baru dalam kehidupan kami. Tuhan yang baik  pimpinlah kami agar menjadi pelaku akan FirmanMu, sebentar lagi kami hendak mendengarkan FirmanMu berfirmanlah Tuhan kami sudah siap mendengarkannya, dalam nama Yesus Kristus kami berdoa, Amin.


Saudara-saudari yang terkasih Firman Tuhan untuk memulai kegiatan kita pada hari ini yang tertulis dalam : Mazmur 119 : 154  Demikian Firman Tuhan :

“Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janjiMu”.

Saudara-saudari yang terkasih ...

Ketika kita mempunyai masalah kita merasa sesak dan menangis, dan mengatakan Tuhan kenapa hidupku begini, apakah aku tidak berguna lagi. Tetapi keputusasaan tidak itu jalan keluar. Tetapi kita harus bangkit lagi dan meminta kekuatan dari Tuhan, sebab Tuhanlah sumber segalannya, kita harus berserah diri kepada Tuhan, karena obat yang manjur adalah Yesus, penolong hidup kita.


Firman Tuhan hari ini adalah gambaran sikap pemazmur Dimana pemazmur banyak mengalami pergumulan hidup sebab banyak musuh menginginkan nyawanya, dapat kita lihat ayat 149 – 150  Dengarlah suaraku sesuai dengan kasih setiaMu, ya Tuhan, hidupkanlah aku sesuai dengan hukumMu. Mendekat orang-orang yang mengejar aku dengan maksud jahat, mereka menjauh dari tauratMu.

Kalau kita lihat pasal 119 ini dimulai dengan ucapan berbahagia, sebab pemazmur bersandar hanya kepada Tuhan saja, pemazmur berbahagia  karena hidup menurut Taurat Tuhan. Nah saya mengajak kita semua seberat apapun persoalan hidup kita jangan putus asa datanglah  kepada Tuhan.

Ada beberapa hal yang perlu kita terapkan di dalam kehidupan kita :

1. Berserah diri kepada Tuhan, jangan mau goyah imanmu, tetapi semakin kokoh dan semangat lagi menerima berkat Tuhan yang akan di limpahkan kepadamu.

2. Berdoa, doa adalah jawaban pergumulan mu, sebab Tuhan akan memperjuangkan perkaramu dan menebus dosa-dosamu, sebab Tuhan sudah berjanji  akan menolongmu.

 

Oleh sebab itu, hadirkanlah Tuhan di dalam hidupmu, jangan menyimpang dari jalanNya, sebab Tuhan tahu apa yang ada di dalam benakmu, Tuhan akan memperjuangkan perkaramu, dan menebus dosamu, kalua engkau yakin dan percaya, sebab Tuhanlah sumber segalanya, dia tidak lupa menolong orang yang bersandar dan melakukan Firmannya. Jauhkanlah sifat-sifat yang jahat, tetapi semakin kokohlah imanmu di dalam Dia, terlebih di tahun baru ini kita sudah menjalani tangga ke 4 di tahun ini semakin nyakinilah Tuhan sumber kekuatanmu. Kita tidak dapat berjalan sendiri, yakinilah Dia sebagai Juruselamatmu, Amin.

Doa Penutup: Marilah kita berdoa! Ya Tuhan terima kasih atas Firman Mu yang sudah kami dengarkan semoga Firmanmu penerang di dalam kehidupan kami, kami tahu Engkaulah sumber segala-galanya kami bisa bernafas hari ini karena kuasaMu, oleh sebab itu Firmanmu mngajari kami supaya kami semakin kokoh dalam iman jangan mudah goyah walaupun kami menghadapi tantangan demi tantangan, supaya tantangan itu mendewasakan iman kepercayaan kami, dan di tahun yang baru ini tahun 2024 kami semakin semangat lagi melayani Tuhan,  untuk itu Tuhan kami  memohon ampuni kami dari kesalahan kami agar kami layak menerima berkat-berkat yang akan engkau limpahkan kepada kami terimakasih Tuhan. Amin.

Anugerah dari Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa serta Persekutuan dari Roh Kudus, kiranya menyertai kita sekalian. Amin.


Diak. Linda Siregar- Melayani di Biro Sending HKBP