Renungan Harian HKBP | 8 April 2024

BETAPA BAIKNYA TUHAN

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi saudara-saudari yang terkasih, semoga di pagi ini kita dalam keadaan sehat. Sebelum kita mendengarkan Firman Tuhan, marilah kita terlebih dahulu saat teduh.

Doa Pembuka: Marilah kita berdoa! Terima kasih Tuhan atas kasih setiaMu dan penyertaanMu di dalam kehidupan kami sehingga kami dapat merasakan kasihMu melalui hidup kami, kami dapat bernafas pada hari ini karena kasihMu yang selalu memberi kami kekuatan dan campur tangan Tuhan dalam hidup kami. Tuhan yang baik pimpinlah kami agar menjadi pelaku akan FirmanMu, sebentar lagi kami hendak mendengarkan FirmanMu berfirmanlah Tuhan karena kami sudah siap untuk mendengarkannya. Amin.

Saudara-saudari yang terkasih Firman Tuhan buat kita hari ini tertulis dalam : Mazmur 34 : 9 . Demikianlah Firman Tuhan.

Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu. Berbahagialah orang yang berlindung padaNya ”.

Saudara-saudari yang terkasih ...

Setiap hari kita merasakan kebaikan Tuhan di dalam hidup kita, Dia memberi apa yang selalu kita butuhkan, tetapi bagaimanakah respon kita kepada Tuhan, apakah kita tidak mau memuji Tuhan dan menganggap semua yang kita terima itu hutang dari Tuhan kepada kita. Dari renungan hari ini kita diajak supaya banyak mengucapkan syukur, sebab kasih setia Tuhan sangat tulus dan kebaikannya kekal selama-lamanya.

Dalam Mazmur 34 : 9 ini sangat jelas dikatakan bahwa kita harus senantiasa menghitung dan mengingat bahkan mengenal kebaikan Tuhan yang kita terima, maka kita diingatkan kembali supaya jangan mudah putus asa,jangan lari dari jalanNya, walaupun kita sering menghadapi pergumulan hidup, maka dengan cobaan atau pergumulan itu, supaya iman kita dan keyakinan kita semakin kokoh.

Seperti lagu KJ No. 439 : 1 dikatakan :

Bila topan kras melanda hidupmu, bila putus asa dan letih lesu, berkat Tuhan satu-satu hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasihNya. Berkat Tuhan mari hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasihNya.

Pergumulan yang dialami oleh Daud begitu berat, dimana Raja Saul mau berbuat jahat kepadanya dengan menginginkan nyawanya, sehingga Daud lari dari ancaman Saul, pada saat itu dia merasa terjepit. Nah kalau kita diperhadapkan dengan hal demikian, apakah kita putus asa, dan menjauh dari Tuhan. Disini Daud tidak putus asa, tetapi dia mengarahkan pandangannya dan memuji kebesaran Tuhan, Daud percaya bahwa Tuhan yang ia sembah adalah Tuhan yang melindunginya. Oleh sebab itu ia mengatakan pada Mazmur 34 : 9, “Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu. Berbahagialah orang yang berlindung padaNya ”.

Maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan di dalam kehidupan kita :

1. kita harus mengatakan Tuhan itu baik, sungguh baik di dalam hidupku, walaupun begitu berat hidupku tetapi Tuhan penolongku, menyegarkan jiwaku dan jiwaku merasa tenang.

2. Tuhan itu adil, sungguh adil, ketika aku terjepit dan terbelenggu dari kejaran musuh yang mengingkan nyawaku, tetapi Tuhan mengasihi aku, sehingga aku bisa lolos dari kejaran musuh.

3. Tuhan itu sahabatku yang setia, Dia temanku segalanya. Dia tahu ketika aku membutuhkannya, sebab kasih setiaNya kekal untuk selama-lamannya.

Nah marilah datang kepadaNya, sebab kita akan mendapatkan kesejukan, iman kita akan semakin kokoh kalau kita hanya bersandar dan berpengharapan kepadaNya si pemberi kuasa. Yakinilah Tuhan itu baik, sungguh baik, sebab Dia pemberi kuasa, oleh sebab itu berbahagialah. Amin.

Doa Penutup: Marilah kita berdoa! Allah Bapa Kami segala puji syukur kami panjatkan kepadaMu atas kuasaMu yang selalu membimbing hidup kami, terimakasih Tuhan atas semua yang selalu menjagai hidup kami dan memberikan kami kesehatan. Terima kasih Firman Mu yang sudah kami dengarkan semoga Firmanmu penerang dalam kehidupan kami, supaya kami berbahagia dalam hidup kami, sebab kebaikan Tuhan melebihi segalanya, memberikan kami kelegaan, ketika pergumulan demi pergumulan bisa kami lewati, Tuhan campur tangan memberi kami kelegaan, dengan kerendahan hati kami meminta pengampunan dosa, karena kami tahu kami sering melupakan Tuhan dan menganggap diri kami mampu melakukan segalanya, untuk itu Tuhan kami memohon ampuni kami dari kesalahan kami agar kami layak menerima berkat-berkat yang akan engkau limpahkan kepada kami terima kasih Tuhan. Amin.

Anugerah dari Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa serta Persekutuan dari Roh Kudus, kirannya menyertai kita sekalian. Amin.


Diak. Linda Siregar- Melayani di Biro Sending HKBP

Pustaka Digital