Jubileum 125 Tahun dan Pesta Zending HKBP

Minggu, 30 Juni 2024 merupakan peristiwa bersejarah   bagi gereja HKBP.  Karena minggu ini ditetapkan sebagai Perayaan Jubileum 125 Tahun dan Pesta Zending HKBP. Seluruh umat HKBP di setiap gereja yang berjumlah 3700 gereja merayakan Jubileum dan Pesta Zending. 


Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar didampingi Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th memimpin perayaan Jubileum 125 Tahun dan Pesta Zending HKBP di Auditorium Universitas HKBP Nommensen, Pematangsiantar yang dihadiri sekitar 1500 jemaat dan pelayan. Menurut Panitia Hatopan (pusat) sengaja membatasi kehadiran jemaat dan pelayan di Auditorium, karena semangat zending harus berkobar di setiap jemaat (gereja).



Ompu i Ephorus menegaskan dalam khotbahnya, "bukan hanya umat percaya di Palestina yang memberitakan Injil, tetapi semua bangsa yang percaya bertugas untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah, seperti Paulus. 



Semua warga HKBP terpanggil berzending. "Kobarkan Zending, Zending Bersinar. Kita warga HKBP adalah Surat Kristus. Semua sikap, tindakan, perilaku, perbuatan, perkataan, postingan dan komentar kita di media sosial di baca banyak orang," tegas Ompu i Ephorus.


Ketua Umum Panitia, yang juga Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi menekankan "keberhasilan perayaan Jubileum 125 Tahun dan Pesta Zending tahun 2024, jika semua gereja HKBP baik di Kota, daerah transisi dan di pedesaan bersih dan hijau."


Selaku Ketua Umum Panitia, Pdt. Daniel mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan HKBP,  Praeses, pelayan, jemaat, Aleale (sahabat) Biro Zending, para donatur, khususnya kepada keluarga Jend (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan/ibu Devi Simatupang yang telah melakukan revitalisasi perumahan dan Komplek Kantor Zending, Kepada Walikota Pematangsiantar, dr. Hj. Susanti Dewayani, Sp.A yang tampak hadir dalam acara dan mengapresiasi kinerja seluruh kinerja panitia atas terselenggaranya kegiatan Jubileum dan Pesta Zending dengan baik.


Kemudian Ompu i Ephorus menyematkan ulos kepada Walikota Pematangsiantar, Keturunan Pdt. Henock  Lumbantobing, pendiri Pandonganion Mission Batak  (PMB), mantan  kepala Biro Zending   baik yang aktif maupun yang sudah pensiun atau keluarga nya, dan perwakilan pelayan zending di dalam negeri.




Sebagai peristiwa bersejarah,  di dalam ibadah Perayaan Jubileum dan Pesta Zending HKBP,  Ompu i Ephorus memberangkatkan  keduabelas pendeta yang menjadi misionaris,  sesuai dengan ke tiga negara di Afrika (Tanzania, Boswana dan Rwanda ), setelah 


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Buku Sejarah   Jubileum 125 Tahun Zending HKBP, "Kamu  adalah Surat Kristus," dari penulis, Pdt. Morhan Doloksaribu, M.Th kepada Ketua Umum, Pdt. Daniel dan pengumuman pemenang musik tiup brass oleh Gr. Tumpal Sitanggang. (B.TIK).

Pustaka Digital