Peresmian Jemaat Penuh sekaligus Pesta Pembangunan HKBP Dame Pargompulan

SILANGIT, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkhotbah pada kebaktian Minggu di HKBP Pos Pelayanan Dame Pargompulan, Persiapan Resort Pohan Tonga (28/4/2024).

Pada hari ini juga dilaksanakan peresmian menjadi Jemaat Penuh yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik 16 Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing. Pembacaan sejarah HKBP Dame Pargompulan oleh Pdt. Lambok JM Parhusip selaku Pimpinan Jemaat HKBP Persiapan Resort Pohan Tonga dan Pembacaan SK serta Aturan Peraturan HKBP tentang tugas dan tanggungjawab Jemaat oleh Pdt. Adolf Lago Napitupulu, Sekretaris Distrik Humbang Habinsaran.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Bonatua Nababan selaku Pendeta Resort HKBP Siborongborong Sabungan sebagai Liturgis.

Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Tinambunan berdasar kepada Kitab Mazmur 22: 26-32.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa dengan membaca Mazmur 22 kita dibawa mengingat kembali peristiwa salib Tuhan Yesus melalui kalimat yang diucapkan Tuhan Yesus (ay. 2) dan peristiwa pembagian jubah Tuhan Yesus (ay. 19).


Namun tidak selesai hanya sampai peristiwa penyaliban dahulu melainkan sampai kepada kepenuhan yang kita terima sebagai anugerah kebangkitan dalam kehidupan kita sampai saat ini yaitu pemberitaan Injil Kristus (ay. 23).

Orang Batak tidak pernah meminta supaya Pemberita Injil datang ke Tanah Batak melainkan hanya karena anugerah Tuhan yang melihat dan mengutus para Pemberita Injil ke Tanah Batak sehingga kita bisa menjadi Kristen dan terus memberitakan Injil Kristus sampai saat ini.

Anugerah Tuhan yang memenuhi kehidupan mendorong kita untuk selalu bersyukur, menyanyikan lagu puji-pujian atas anugerah Tuhan yang tak terhingga.

Jemaat Dame Pargompulan adalah nama yang tepat dari wahyu Tuhan bagi Jemaat ini. Menjadi jemaat yang membawa damai dan memberitakan damai bagi seluruh ciptaan.

Pdt. Tinambunan juga menekankan dan  menyemangati seluruh warga jemaat untuk secara nyata mendukung generasi muda gereja dengan mengatakan: "Mazmur 22 ini mendorong kita untuk memberitakan Injil Tuhan sampai kepada generasi penerus. Oleh karena itu sebagai jemaat yang sudah penuh, perhatian kepada generasi penerus terwujud dalam program dan anggaran yang sesuai. Apabila kita sepakat bahwa anak-anak jemaat ini harus kita perlengkapi maka akan terwujud dalam program dan anggaran Jemaat HKBP Dame yang mendukung penuh progam bagi anak-anak kita."

Setelah ibadah, pesta pembangunan dilanjutkan dengan makan bersama, tari tortor dari setiap lingkungan dan pengumpulan dana untuk melanjutkan pembangunan Gereja HKBP Dame Pargompulan.

(SKS-NS)



Pustaka Digital