Rapat Guru Huria HKBP 2024

Rapat Guru Huria HKBP berlangsung pada tanggal 14-16 Mei 2024 di Auditorium, Seminarium Sipoholon, Tarutung! Panitia melaporkan peserta yang hadir dalam pembukaan sebanyak 172 orang dari 192 orang Guru Huria HKBP. 


Rapat dibuka secara resmi oleh Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar (15/5/2024). Dalam bimbingan arahannya, Ompu i Ephorus " mengapresiasi kerja keras panitia dan menyampaikan bahwa tahbisan Guru Huria ikut membesarkan HKBP serta menyatakan HKBP menjadi berkat bagi dunia melalui berbagai pelayanan.

Ceramah tema "Transformasi" (Efesus 4: 23) disampaikan Ketua Sekolah Tinggi (STB) Pdt. Dr. Benni Sinaga dan sub tema, " Guru Huria HKBP Bergegas Membaharui Janji Tahbisan, Karakter, Kultur, Kemampuan Pelayan, Warga Jemaat dan Institusi HKBP disampaikan oleh St. Albert Simanjuntak. 



Guru Huria HKBP adalah salah satu unsur pelaku dalam kesuksesan Sentralisasi Keuangan yang telah jalankan  oleh HKBP sejak 1 Januari 2023 lalu. Karena itu, pantia mengundang narasumber yang dapat memotivasi peserta untuk mensukseskan pelaksanaan Sentralisasi Keuangan yaitu Sekretaris Jenderal, Pdt. Victor Tinambunan, MST dan anggota Komisioner BPSK, Victor Simatupang.


Banyak isu pelayanan yang  dibahas dan diputuskan oleh peserta di dalam sidang kelompok dan sidang pleno. 


Salah tugas Rapat Guru Huria HKBP adalah memilih anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS) dan Utusan Sinode Godang dari unsur tahbisan Guru Huria dan memilih Pengurus Tumpak Liat Guru Huria (TLG), dilaksanakan Kamis (16/5/2024). Pemilihan anggota MPS berlangsung dua putaran dan dimenangkan oleh Gr. Abdul Rahman Sitorus.


Utusan Sinode Godang dari Guru Huria ada dua orang. Pemilihannya dilakukan dengan ranking dan yang terpilih adalah Gr. Luga Silitonga dan Gr. Purnama br. Napitupulu.

Pemilihan Pengurus Tumpak Liat Guru Huria tidak dilakukan dengan voting, melainkan secara mufakat. Peserta memutuskan Gr. Timbul Simanungkalit sebagai ketua, Gr.  Polardo Hutahaean sebagai sekretaris dan Gr. Hervine br. Tinambunan sebagai Bendahara.


Ompu i Ephorus melantik semua yang terpilih dan berterima kasih kesatuan hati peserta yang turut ambil bagian dalam penegakan keadilan gender (gender justice.  


"Guru huria HKBP mendukung sentralisasi Keuangan dan Transformasi HKBP" ungkap Ephorus sebelum meninggalkan ruang rapat. 


Ompu i  menugaskan Gr. Kasman Sinaga menutup resmi Rapat Guru Huria atas nama Ephorus di dalam ibadah penutupan. 




(B.TIK)

Pustaka Digital