"Arga do hamu ditobus; unang ma olo hamu parhatobanon ni jolma!

Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia."

1 Korint 7:23

"Pengikut Yesus Harus Mau Memikul Salib," Jelas Kadep Koinonia pada Jemaat HKBP Parulohan, Resort Parulian Lintongnihuta

Minggu, 06 Februari 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Parulohan, Resort Parulian Lintong ni Huta, Distrik XVI Humbang Habinsaran. Terdapat dua sesi kebaktian, pukul 09.00 WIB dan 10.30 WIB. Kepala Departemen Koinonia melayankan khotbah di kebaktian sesi kedua. Liturgis dipimpin oleh pendeta resort, Pdt. Agus Dasa Silitonga, S.Th.



Kebaktian berlangsung dengan hikmat diiringi tim musik tiup. Paduan suara remaja dan paduan suara naposobulung juga turut membuat suasana kebaktian semarak dengan iringan musik tradisional taganing dan hasapi. Jumlah pengunjung gereja pada kebaktian sesi kedua ini sekitar 250 orang, sebagian memakai masker dan sebagian lainnya menerapkan prokes dengan mengatur jarak tempat duduk. Jumlah anggota jemaat HKBP Parulohan berjumlah 300 KK yang dibagi ke dalam 8 lingkungan (Lingkungan Sipitubahal, Janji Maria/ Banjar Ganjang, Siduahuta, Lumban Pakpahan/ Parsiponan, Lobutua, Lumban Rialan/ Sosor, Pasar Baru/ Pargaulan), dilayani oleh Pdt. Agus Dasa Silitonga, S.Th., Cal. Diak. Adelina Napitupulu, S.Ag., dan 16 orang Sintua (tiga orang diantaranya adalah sintua ina).



Dalam khotbahnya, Pdt. Deonal Sinaga banyak berinteraksi dengan jemaat, terutama kepada para remaja dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Interaksi ini mengundang tawa jemaat karena para remaja selalu kompak menjawab pertanyaan yang diajukan Pdt. Deonal Sinaga. Khotbah yang didasarkan pada Injil Markus 1:16-20 ini menekankan agar orang-orang Kristen sebagai pengikut Kristus harus bersedia dan mampu memikul salib. Betapa pun banyaknya tantangan, sulitnya rintangan, orang-orang Kristen harus semakin kuat mengikut Yesus. “Mengikuti Yesus secara total, akan membuat kita seperti Kristus yang penuh kasih, seperti Kristus yang penuh pelayanan, seperti Kristus yang penuh dengan perbuatan baik,” ujar Pdt. Deonal Sinaga. Seusai kebaktian, para parhalado berfoto bersama dengan pendeta. (DK-NXC)


Pustaka Digital