"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

"Tuhan Mengenal Ayub Juga Mengenal Kita" - HKBP Medan Krio

MEDAN, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkhotbah di HKBP Resort Medan Krio yang sekaligus mengadakan kebaktian syukur setelah resmi menjadi resort pada hari Minggu (10/10/2021). Sebelumnya, HKBP Medan Krio adalah jemaat filial (Batak - huria pagaran) dari HKBP Resort Medan Barat dan diresmikan menjadi Resort pada 15 Agustus 2021 lalu dengan satu jemaat filial yaitu HKBP Ebenezer Resort Medan Krio. 


HKBP Resort Medan Krio beranggotakan 412 Keluarga dan dilayani oleh Pdt. Sadrak Hutauruk yang pada kebaktian minggu saat ini bertugas sebagai liturgis. Sementara musik pengiring ibadah dilayani oleh tim Naposobulung HKBP Medan Krio. Hadir juga dalam ibadah Pdt. Dr. (hc.) W.T.P. Simarmata, MA (Ephorus HKBP 2012-2016/Anggota DPD RI 2019-2024). 

Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan, berdasar kepada teks Ayub 23:10-17, menekankan pentingnya pengenalan yang jelas dan benar kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan. Teks khotbah menunjukkan pribadi Ayub yang mengenal Tuhan dengan jelas dan benar (Batak- tangkas jala tingkos). 


Mengenali Tuhan bukan dimulai dari diri manusia kepada Tuhan melainkan sebaliknya, Tuhan terlebih dahulu mengenali umat-Nya. "Seperti Tuhan mengenali Ayub, Dia juga mengenali kamu. Tuhan mengetahui jalanmu, Tuhan mengetahui penderitaanmu, pengakuan kita semua adalah, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, setiap hari setiap waktu sampai saat ini," terang Pdt. Tinambunan. 

Dalam usia HKBP yang ke-160 tahun, Pdt. Tinambunan meneguhkan warga jemaat HKBP Medan Krio untuk semakin jelas dan benar dalam mengenal Tuhan yang memelihara sejak dahulu sampai sekarang. Buah dari berita Injil yang dibawa misionar dahulu telah dan dapat dirasakan sampai sekarang. 


Bersamaan dengan kebaktian kali ini, HKBP Medan Krio juga mengadakan pesta jemaat dan pesta pembangunan fisik rumah dinas. "Warga HKBP sangat hebat dalam membangun fisik, tapi jangan lupa, yang kita bangun yang pertama adalah iman yang teguh kepada Tuhan!" pesan Pdt. Tinambunan meneguhkan seluruh warga jemaat. 



Mengakhiri khotbahnya, Pdt. Tinambunan mengajak umat membaca dan menyaksikan Ayub 42:5 (TB) Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. "Dahulu kita mendengar kata orang, sekarang sudah 160 tahun lamanya, mata kita melihat pemeliharaan Tuhan dalam kehidupan kita, mulai dari orangtua sampai anak-cucu kita," kata Pdt. Tinambunan 

Sampai berita ini diturunkan acara masih berlanjut. 


(SKS-NS)

Pustaka Digital