"Alai di Kristus do hamu, jala di Debata do anggo Kristus.

Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah."

1 Korint 3:23

Doa Syukuran Memasuki Gedung Praktek Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Laguboti


Laguboti, (13/7/2021).Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th sampaikan renungan syukuran memasuki Tempat Praktek Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, 


dr. Sintyche E. Marpaung, SpOG di Jl. Sisingamangaraja No.86, Laguboti, Kab. Toba, Prov. Sumatera Utara. Lokasinya strategis dijangkau bagi setiap yang hendak dilayani. dr. Sintyche E. Marpaung, SpOG menikah dengan Dr. Dimpos Manalu yang merupakan  dosen di Universitas HKBP Nomensen Medan dan telah dikaruniai Tuhan satu putra, bernama Sintong Manalu yang dinanti-nantikan setelah 8 tahun. Sebagai dokter spesialis kandungan, beliau hadir untuk melayani masyarakat. Baik itu di RS HKBP Balige dan tempat praktek yang telah diresmikan. 


Acara Ibadah dibawakan oleh Pdt. Jenti L. Samosir, M.Th dan pendoa syafaat, Pdt. Ch. Ginting. Pdt. Debora Purada Sinaga lewat renungan menyampaikan bahwa peran Ibu sangat penting sebagai penyangga kehidupan sampai akhir hidupnya. Oleh karena itu, atas hadirnya  praktek dokter di tengah-tengah kehidupan masyarakat Tapanuli yang juga sebagai daerah yang masih masuk peta kemiskinan kiranya dapat menolong orang-orang yang membutuhkan. Setiap yang ditolong dapat selamat dan sehat. 


Acara syukuran dihadiri oleh keluarga dekat, rekan dokter yang diwakilkan oleh dr. Tihar Hasibuan, Sekretaris Eksekutif HKBP AIDS Ministry, Diak. Berlina Sibagariang, Persatuan Bidan, tim dari KSPPM ( Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat), Piltik House dan undangan lainnya. 


Dengan hadirnya Praktek Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Laguboti, perwakilan dari Ikatan Bidan menyampaikan bahwa mereka terbantu melayani ibu-ibu yang hamil dan melahirkan sehingga  angka kematian ibu semakin menurun.  

Pemilik Piltik house, Siborongborong juga memberikan masukan tempat praktek tersebut menjadi tempat memberikan rasa nyaman bagi yang datang. Ruangannya asri dan adanya musik klasik yang diputar untuk mendukung kecerdasan janin dalam kandungan bagi ibu hamil.

dr. Tihar juga berterima kasih lewat pelayanan dr. Sintyche E. Marpaung, SpOG di RS HKBP Balige membantu melayani dampingan HKBP AIDS Ministry yang butuh Konsultasi atau berobat. KSPPM dalam kesaksian juga dalam mendampingi masyarakat, peran dr. Sintyche E. Marpaung, SpOG sangat dirasakan dan di balik kesuksesannya ada suami yang selalu menopang. 

Pdt. Debora Purada Sinaga juga bangga atas di tengah kesibukan, mereka dapat menabung untuk mewujudkan tempat praktek yang telah diresmikan.Dari pihak keluarga menyampaikan dalam kehidupan harus mengandalkan Tuhan yang memberikan sustainable kehidupan. Dan kita dipanggil dan dipilih secara universal sebagian garam dan terang. Merespon atas kata sambutan yang disampaikan oleh undangan, dr. Sintyche E. Marpaung, SpOG menyampaikan kesaksian perjalanan hidupnya dan mensyukuri betapa banyak mengasihi dan mencintai mereka. Dari suaminya yang memberikan soport agar melanjutakan studi ke Yogyakarta setelah beberapa kali gagal mencoba di USU (Univ. Sumatera Utara) dan akhirnya setelah mencoba di UGM, lulus dan dapat melanjutkan studi.  Demikian juga keluarganya semua mendukung. Oleh karena itu, dokter dan suaminya bernazar mengabdi untuk membangun di daerah Toba dan melayani setiap ibu-ibu dan anak. Hidup menjadi garam dan terang sebagai saluran berkat. 

dr. Sintyche E. Marpaung, SpOG, dapat dikontak di nomor 081362138650. (SKD-DAT)


Pustaka Digital