EKO PASTORAL CARE: PENANAMAN SEREWANGI


Siborongborong (1/7), Departemen Marturia HKBP melanjutkan misi ke HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran yaitu penanaman bibit Serewangi sebanyak dua ribu lima ratus batang. Kegiatan ini dimulai dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. David Silaban dan Pdt. Jhonnaren Purba serta doa syafaat dibawakan oleh Pdt. Singhan Pardede. Dalam khotbah, Pdt. Jhonnaren Purba menekankan tugas dan tanggungjawab kita sebagai ciptaan Tuhan yang harus memelihara alam (Kejadian 1:26-27). Bahasa menguasai lebih menekankan pemelihraan akan alam, bukan menguasai secara pribadi atau kelompok untuk kepentingan sendiri.  Lebih jelas lagi,  ciptaan yang sudah baik diberikan oleh Allah kepada kita dituntun untuk melanjutkan agar kehidupan kita dapat berkesinambungan  dari dulu, sekarang dan yang akan datang. Ibadah ini memang diikuti lebih banyak dari pelajar sidi,  tetapi bukan berarti pelajar sidi tidak mempunyai tanggung jawab akan ciptaan Allah.  Jika memungkinkan mari kita menanam pohon sebelum kamu berkeluarga dan setelah berkeluarga. Ajakan ini merupakan misi untuk bersaksi akan ciptaan Allah yaitu lingkungan kita saat ini. 

Ibu Kadep juga menekankan dasar kegiatan ini untuk menjaga kawasan Danau Toba yang sudah lama mengalami kerusakan, baik di dalam air maupun di kawasan Danau Toba.  Disamping itu juga nilai ekonominya juga sangat menjanjikan sebab sudah ada kelompok yang mau menampung hasil panen atau bisa memungkinkan akan dibangun pabrik penyulingan. Sebelumya, pada tanggal 18 juni yang lalu, Departemen Marturia telah menabur bibit ikan ke kawasan Danau Toba sebanyak 70 ribu lebih dan pada tanggal 29 dan 20 juni yang lalu,  penyerahan bibit serewangi ke HKBP Distrik VII Samosir serta ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani Anak Sekolah Minggu. Saat ini, di HKBP Distrik kita, Humbang Habinsaran adalah bagian dari kegiatan EKO PASTORAL CARE. Pada tanggal 5 juli 2019 akan diadakan seminar tentang lingkungan hidup yang akan dihadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Oleh karena itu, besar harapan kita bersama akan kelancaran kegiatan eko pastoral care ini sampai pada tanggal 5 yang akan datang.  Kiranya apa yang kita kerjakan hari ini diberkati  oleh Tuhan.

   

Sesudah bimbingan dari ibu kadep,  acara dilanjutkan penanaman untuk pembibitan di pekarangan HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran.  Kegiatan ini dipimpin oleh Pdt. Jhonnaren Purba selaku ketua kegiatan EPC, teknis pelaksanaan diberitahu dilahan yang telah disediakan. Sekitar  60 batang bibit serewangi ditaman sebagai pembibitan yang dikerjakan besama dengan pelajar sidi HKBP Siborongborong.  Pada pukul 16.00 wib, penanaman akan dilanjutkan di lahan yang telah disediakan  HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran. (JLS)







comments

Leave a Reply