HKBP Lubuk Pakam, Sekjend HKBP: Rendah hati belajar dari Yohanes Pembaptis


LUBUK PAKAM, hkbp.or.id -  Mengawali tahun 2023, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan khotbah pada ibadah Minggu di HKBP Lubuk Pakam Resort Lubuk Pakam (8/1/2023).


Ibadah di HKBP Lubuk Pakam terbagi menjadi empat sesi yaitu pukul 06:00, 08:00, 10:00, dan 17:00. Pada kebaktian minggu kali ini, Pdt. Tinambunan menyampaikan khotbah pada ibadah pukul 10:00.



Ibadah dilayani oleh Praeses Distrik 29 Deli Serdang, Pdt. Horas Purba sebagai Liturgis dan Pendeta Resort HKBP Lubuk Pakam, Pdt. Darman Marpaung menyampaikan doa syafaat.

Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan berdasar kepada Injil Matius 3:13-17.

Mengawali khotbahnya, Pdt. Tinambunan berkisah tentang perjumpaan terakhir dengan warga jemaat HKBP Lubuk Pakam dalam ibadah adalah sekitar 10 tahun yang lalu ketika masih menjadi dosen di STT HKBP Pematangsiantar.


Di dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan tiga hal pokok. 

Pertama, pelajaran yang berharga bagi kita dari hidup Yohanes yaitu, di dalam kerendahan hati Yohanes menolak membaptis Tuhan Yesus karena mengenali dirinya sendiri dan mengenal siapa Tuhan Yesus.

"Hendaknya kita selalu di dalam kerendahan hati di hadapan Tuhan."

Kedua, Allah menampakkan Tuhan Yesus kepada kita dan Tuhan Yesus menampakkan kasih-Nya kepada kita. "Pembaptisan Tuhan Yesus menampakkan karya Allah dan mengingatkan kita kepada baptisan yang telah kita terima di gereja. Di dalam baptisan itulah kita menerima kesatuan ke dalam Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus."

Ketiga, kita menunjukkan kasih kepada Tuhan dalam kehidupan setiap hari. Ketika Allah mengatakan bahwa Tuhan Yesus adalah "Anak yang Kukasihi" maka kita pun adalah anak-Nya yang Dia kasihi. "Kita berjuang untuk selalu menampakkan (seperti arti Epiphania) bahwa Allah mengasihi kita dan kita mengasihi Allah setiap hari, salah satu bentuknya bisa dilihat dari keaktifan beribadah minggu di gereja."


Selepas ibadah diadakan ramah tamah antara Sekretaris Jenderal HKBP didampingi Praeses HKBP Distrik 29 dengan seluruh majelis HKBP Lubuk Pakam.


(SKS-NS)