"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Ibadah Minggu Advent III, HKBP Sukatani Resort Paulus, Depok Laksanakan Peneguhan Sidi

Depok, hkbp.or.id - HKBP Sukatani Resort Paulus - Depok mengadakan Ibadah Advent III digabung dengan Peneguhan Sidi kepada 5 orang warga jemaat yang telah melalui pendidikan katekisasi (12/12/2021).

Ibadah dilayani oleh Pdt. Rintalori Sianturi sebagai Liturgis dan Peneguhan Sidi, St. J. Simanjuntak sebagai Pembaca Warta Jemaat, serta Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah. Ayat khotbah berdasar pada teks Zefanya 3: 14-20, sesuai Almanak HKBP.


Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan, "Ungkapan, bersorak-sorailah, bersukacitalah, & beria-rialah bukan sukacita biasa melainkan sukacita yg luar biasa karena kita tahu kita telah menerima kasih karunia dari Tuhan."

Bangsa Israel sering merasa Allah meninggalkan mereka, Tuhan tidak ada bersama mereka di dalam masa pergumulan dan kesusahan mereka. Namun sesungguhnya Allah tidak pernah meninggalkan. 

Melalui Firman Tuhan hari ini, Pdt. Tinambunan mengajak warga jemaat untuk melihat bahwa Allah menyertai bangsa Israel dahulu juga menyertai bangsa kita sekarang. Ia Allah yang setia seperti apapun, kesulitan, dan beratnya permasalahan, Tuhan tidak pernah meninggalkan, karena Ia adalah Allah yang setia. 

Pdt. Tinambunan menjelaskan, "Seringkali kita terfokus pada permasalahan kita, itu yang membuat kita semakin patah semangat. Namun bagaimana kita menggeser fokus permasalahan kita kepada berita sukacita yang Allah bawa bagi kita umat-Nya, bahwa Ia senantiasa hadir dalam setiap kehidupan kita. Ia yang menghibur kita, Ia yang menyertai kita, Ia yang memberkati setiap langkah kehidupan kita", ujarnya.

Seusai ibadah, warga jemaat berfoto bersama Pdt. Tinambunan sebagai kenang-kenangan akan kunjungan pastoral pimpinan HKBP ke gereja mereka, HKBP Sukatani Resort Paulus, Depok.




SKS-JHB/NS

Pustaka Digital