Ibadah Pada Peresmian HKBP Resort Harapan Jaya

Ibadah pada peresmian HKBP Resort Harapan Jaya Distrik XXII Riau pada Minggu Trinitatis 4 Juni 2023 berlangsung dengan hikmat, dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik XXII Riau Pdt Hantus Hutapea, STh., MM. Meski diguyur hujan sejak pagi tidak mengurangi antusiasme ratusan warga jemaat dan undangan mengikuti ibadah tersebut. Ibadah semula direncanakan di halaman gereja yang telah dipersiapkan, namun melihat kondisi hujan ibadah peresmian diadakan di gedung gereja. Hujan itu dimaknai sebagai curahan berkat Tuhan atas perjalanan gereja-Nya di jemaat ini.



HKBP Resort Harapan Jaya adalah resort yang ke 46 di wilayah pelayanan HKBP Distrik XXII Riau. Dalam khotbahnya, Praeses Hantus Hutapea menekankan pentingnya pengembangan pelayanan di tanah lancang kuning Riau ini. Dari statistik jemaat ada 347 jemaat (huria) di Distrik ini dan 46 Resort. Selain itu ada hampir 200 pelayan penuh waktu yang melayani di huria, resort, dan lembaga pelayanan serta di kantor distrik. Potensi yang besar ini tentu harus dimaksimalkan guna pelayanan yang semakin profesional dan mendukung sentralisasi keuangan di HKBP secara umum. Praeses juga menandaskan perlunya peningkatan status jemaat-jemaat menjadi resort termasuk dalam pentingnya reposisi di wilayah yang cukup luas di Distrik Riau.

Khotbah Praeses HKBP Distrik XXII Riau dapat diikuti pada link ini

Liturgis dalam ibadah tersebut adalah Pdt. Victor Singal Silalahi, STh., MM yang adalah Pendeta HKBP Resort Pekanbaru - jemaat yang memberangkatkan Resort yang baru ini. Paduan suara juga mengisi kebaktian tersebut: Ina HKBP Resort Sukajadi, Ina HKBP Resort Rumbai, Ina HKBP Harapa Jaya, Ama HKBP Resort Tangkerang, Ama HKBP Dame Palas, Ama HKBP Resort Sumbersari, Ama HKBP Fajar Resort Labuh Baru, Ama Tiberias HKBP Resort Pekanbaru serta Ama GKPA Harapan Jaya.


Dalam ibadah itu Praeses meresmikan HKBP Resort Harapan Jaya sesuai dengan SK Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar No. 628/L05/V/2023, yang dibacakan oleh Majelis Pekerja Sinode (MPS) unsur Sintua yaitu St Josua Hutauruk. Sesudah peresmian resort itu, Praeses juga melantik Pendeta HKBP Resort Harapan Jaya, Pdt Bakti J Situmorang, MTh sesuai dengan SK Ephorus HKBP yang dibacakan oleh St Hot Olber Manalu (Bendahara Distrik). Semua uraian tugas dan tanggung jawab sebagai Resort yang baru sesuai dengan AP HKBP 2002 dibacakan oleh Pdt Wandi Simanjuntak, STh., MM. Dalam ibadah itu turut hadir para pendeta yang melayani di lingkungan HKBP Distrik XXII Riau, MPSD, Parhalado Resort Pekanbaru dan para undangan lainnya. Doa syafaat dibawakan oleh MPS unsur pendeta, Pdt Samsir Sinaga, DMin.




**

Sesudah ibadah, kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian pesta dalam rangka penggalangan dana untuk melengkapi kebutuhan mobiler resort yang baru itu. Praeses juga menandatangan prasasti serta membuka tirai plakat nama Resort Harapan Jaya Distrik XXII Riau disaksikan warga jemaat dan tamu undangan.

Pesta penggalangan dana itu dihadiri oleh Pj Walikota Pekanbaru yang diwakili Sekda Kota Pekanbaru Bapak Indra Pomi Nasution. Sekda hadir didampingi oleh Kadis Damkar Kota Pekanbaru yang juga adalah warga HKBP, St Burhan Gurning, MPd. Dalam arahannya Nasution mengajak warga HKBP yang berjumlah kl 1 juta jiwa di Provinsi Riau ikut berpartisipasi dalam mengembangkan kebersamaan mendukung pemerintah dalam program yang memajukan masyarakat, khususnya di Kota Pekanbaru.

Hadir juga beberapa tokoh dan warga gereja HKBP yang maju sebagai calon Legislatif di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan Pusat diantaranya : Muller Tampubolon, SE.,MM, Tiurma Ida br Silitonga, Ir MP Simarmata, Darwin Pangaribuan, Ruslan Tarigan, SPd., Ramos Sianturi, dll. Juga hadir tokoh masyarakat dan gereja di Pekanbaru Op Natalia Simbolon dan para undangan lainnya. Dana yang didapat dari perayaan itu sebagai dana awal resort itu adalah Rp. 350 Juta, terdiri dari donasi dan lelang serta gugu toktok ripe dari semua warga jemaat.

**

HKBP Resort Harapan Jaya terdiri dari 2 (dua) jemaat yaitu HKBP Harapan Jaya sebagai induk (sabungan) dan HKBP Kana sebagai filial (pagaran). Jumlah warga jemaat HKBP Harapan Jaya kini adalah 610 Kepala Keluarga (KK) 2.842 jiwa dan HKBP Kana ada 76 Kk dan 318 jiwa yang telah diresmikan menjadi huria na gok (jemaat penuh) pada 26 Maret 2023 lalu.

Awalnya jemaat Harapan Jaya Indrapuri berdiri pada kebaktian pertama sekali yaitu pada 5 Juni 1983. Jemaat awal ini tidak terlepas dari pelayanan HKBP Hang Tuah Pekanbaru sebagai bagiannya, dan juga dari HKBP Jl Segar serta GKP Air Kulim (Gereja Sending di Riau). Seiring dengan perkembangan masyarakat di wilayah ini maka gereja Harapan Jaya juga semakin berkembang dan bertambah warga jemaatnya sebagai salah satu pagaran dari Resort Pekanbaru.

Para pimpinan jemaat yang pernah melayani di gereja ini adalah :

St Torang S Gultom (Sintua Pensiun)

Pdt Sabam Sirait, MTh

Pdt Resna Tiarasi Malau, STh

Pdt Dont Lastaria Simatupang, STh

Pimpinan jemaat HKBP Kana adalah Cln Pdt Parlin Epiphanias Marpaung, STh.

 

Sejak diresmikan menjadi Persiapan Resort pada 4 September 2022 lalu jemaat ini berbenah mempersiapkan segala sesuatu kelengkapan administrasi termasuk pengadaan kantor dan rumah dinas huria menjadi kantor dan rumah dinas resort.

Maka pada 24 Mei 2023 yang lalu Tim Verifikasi dari Kantor Pusat HKBP telah memeriksa kesiapan dan kelayakaan dari Persiapan Resort ini, termasuk tanggung jawab dalam penyetoran item persembahan ke Badan Pengelola Sentralasi Keuangan (BPSK) HKBP. Tim Verifikasi itu adalah Kabiro Jemaat Pdt Eden R Siahaan, STh.,MM, Bendahara Umum Pdt Manaris RE Simatupang, MTh., MM, Wakabiro Jemaat Pdt Berton Hutapea, STh serta Staf St Parlindungan Simaremare, SE.

Salam,

Pdt Bakti J Situmorang

HKBP Resort Harapan Jaya

Jl Gereja No 13 Harapan Jaya

Kel Bencah Lesung, Kec Tenayan Raya

Kota Pekanbaru, Riau