"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Kadep Diakonia Pada Natal I: Adakah Ruang Bagi-Nya Di Hidupmu?

Balige, 25 Desember 2021

Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, MTh mengisi pelayanan Natal I di HKBP Paindoan Balige sebagai pemberita firman, dan Pdt. Gandhi Manik, MDiv mendampingi sebagai liturgis. Kerinduan jemaat dalam merayakan Natal membuat jumlah jemaat membludak hingga gereja terisi penuh sekalipun memang tidak membuat jemaat menjadi lalai dalam menggunakan maskernya.

Berangkat dari Luk. 2:1-7, Ibu Kadep menyatakan kelahiran Yesus di kandang domba dan bukan di penginapan, yang layak menjadi gambaran adanya ketidakpedulian dari masyarakat di zaman itu. Mereka tidak memberikan ruang yang layak bagi Maria dan Yusuf untuk melahirkan Yesus. Keadaan ini hendak mempertanyakan kepada kita, apakah kita memberikan ruang yang layak kepada Yesus dalam hidup kita?


Dalam ibadah Natal itu juga, Ibu Pdt. Debora Sinaga melayankan Perjamuan Kudus kepada ratusan warga jemaat bersama dengan Pdt. Gandhi Manik.

HKBP menjadi berkat




Pustaka Digital