"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Khotbah di HKBP Natam Resort Baringin Pusuk, Sekjend: "Allah selalu setia kepada umat-Nya, kita juga harus setia kepada Allah"


PARLILITAN, hkbp.or.id - Suasana nostalgia terasa ketika warga jemaat HKBP Natam melihat kehadiran Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan yang merupakan putra daerah Parlilitan untuk berkhotbah pada kebaktian Minggu di Natam Resort Baringin Pusuk Distrik Humbang Hasundutan (24/7/2022).

Gereja HKBP Natam berjarak sekitar 1Km dari HKBP Baringin Pusuk yang merupakan jemaat induk dan dilayani oleh Pdt. Okta Ridar Sirait.


Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Tinambunan berdasar kepada Hosea 1: 2-9. "Persoalan utama dalam teks yang nampaknya rumit ini adalah, bangsa Israel yang selalu meninggalkan Allah padahal Allah selalu setia dalam kasih-Nya," terang Pdt. Tinambunan mengawali penjelasan khotbahnya.


Pdt. Tinambunan juga menekankan bahwa Allah selalu setia sampai sekarang dan sampai selama-lamanya, 

"Allah setia sejak zaman dahulu sampai saat ini sampai selama-lamanya, kita di sini mungkin sudah generasi ketiga atau keempat Kristen di Parliltan ini, percayalah kita adalah bukti buah dari kasih Allah yang setia itu."


Sebagai umat-Nya, warga jemaat HKBP selalu diajarkan untuk setia kepada Allah sehingga dalam kebaktian Minggu selalu diperdengarkan Hukum Taurat yang menekankan kesetiaan kepada Allah.

"Allah selalu setia kepada kita umat-Nya, maka sebagai umat-Nya kita juga harus setia kepada Allah. Hukum Taurat yang selalu diperdengarkan setiap Minggu di HKBP mengutamakan kesetiaan kepada Allah," terang Pdt. Tinambunan.


Dalam kunjungannya, Pdt. Tinambunan juga menyampaikan bantuan dari Kantor Pusat HKBP sebesar Rp1.000.000,- untuk mendukung pelayanan Sekolah Minggu di HKBP Natam.

(SKS-NS)




Pustaka Digital