Meningkatkankan Komunitas Naposobulung yang Produktif Dalam Persekutuan Huria (Rapat Pra-Konferensi Naposobulung HKBP)


Departemen Koinonia HKBP melalui Biro Sekolah Minggu – Remaja dan Naposobulung (SMIRNA) bersama dengan pengurus Konferensi Naposobulung dan para Pengurus Naposobulung Distrik (PND) mengadakan Rapat Pra Konferensi di perkampungan Pemuda HKBP, Jetun Silangit pada tanggal 06-07 Maret 2020.

Kegiatan ini diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Lelim Limbong (Ka.Biro Oikumene) dan Herman Sihombing (Ketua PND dari distrik V Sumatera Timur) membawakan doa syafaat. Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP membuka pertemuan ini secara resmi di dalam peribadahan dengan nama Allah Bapa, AnakNya Yesus Kristus dan Roh Kudus, amin.

Agenda utama dari pertemuan ini ialah mempersiapkan kegiatan besar bagi para Naposobulung HKBP di tingkat Hatopan, yaitu Konfrensi Naposobulung HKBP yang direncanakan akan berlangsung di bulan Juni 2020. untuk mempersiapkan itu maka rapat ini juga harus mensingkronkan Buku pedoman naposobulung HKBP dengan Aturan Peraturan HKBP tahun amandemen ke III. Bersama Kepala Departemen Koinonia dan Ka.Biro SMIRNA, para Naposobulung HKBP mencoba untuk merevisi buku pedoman tersebut agar menjadi lebih baiknya untuk dilaksanakan di huria-huria.

Pada bimbingannya, Pdt. Dr. Martongo Sitinjak menyampaikan arahan dan motivasi kepada peserta rapat. Ia menyampaikan agar semaksimal mungkin para kaum muda untuk merealisasikan pemberitaan kabar baik “Injil” di setiap aras pelayanannya terlebih di pelayanan di HuriaNya serta mewujudnyatakan pelayanan kepada Naposobulung menjadi bagian dari prioritas di Huria.


Untuk saat ini Pemuda Kristen yang ber-ilmu sudah cukup banyak, namun huria tidak membutuhkan yang ber-ilmu saja melainkan memiliki Pemuda yang berhikmat. Sebab yang ber-ilmu hanyalah berhadapan dengan “boleh atau tidak boleh”, tetapi yang berilmu dapat mengetahui hal yang benar dengan yang baik. Marilah menjadi Pemuda Kristen yang berhikmat, serta membangun psikologi yang membangun di setiap pemuda, lugas bapak kepala departemen.

Pdt. Dr. Martongo Sitinjak juga mempersiapkan Ketua PND di tahun Reposisi Pekabaran Injil 2020 ini dengan sebuah sajian yang berjudul “Injil dalam Dunia yang terus berbuah”. Ia menekankan agar Pemuda harus memberitakan kabar baik (Injil) bukan kabar tidak baik atau kebencian (Hoax), kita juga harus membangun jaringan yang baik diruang lingkup Pemuda di distrik dan antar distrik sehingga terbentuk Persekutuan yang partisipatif. Perjumpaan kita juga haruslah berporos pada “saling membangun” tidak perjumpaan yang berprioritas pada Bisnis/untung-rugi, tegasnya.

Dalam persekutuan ini para PND ini juga saling berbagi pelayanan dan program yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan di distrik masing-masing, perkembangan Konfrensi Naposobulung juga diberitakan oleh Ketua Konfrensi.

Diskusi serta pembahasan yang terlaksana di Perkampungan pemuda ini menghasilkan sebuah hasil keputusan yang berisi :

1.Menerima konsep buku pedoman Persekutuan Naposobulung HKBP dengan beberapa perbaikan, diantaranya :

a.Parhalado Ressort harus membentuk Forum Naposobulung Ressort yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris Naposobulung Huria dan memilih utusan untuk Rapat Pemuda di tingkat Distrik.

b.Menyelaraskan kepengurusan sesuai tingkat Hatopan, Distrik, dan Huria

c.Membuat garis-garis besar pelayanan Naposobulung 4 tahun kedepan

d.Anggota Rapat Pemuda Distrik adalah 1 sampai 3 orang dari Forum Naposobulung Ressort

2.Peserta Pra Konferensi berharap kiranya Konfrensi Naposobulung Tahun 2020 diselenggarakan di Kabupaten Toba Samosir pada bulan Juli, dengan Agenda :

a.Ibadah Raya Naposobulung HKBP

b.Malam Budaya

c.Grand Opening UMKM Naposobulung (Cth: Barber Shop)

d.Pelaksanaan Aksi Sosial

e.Festival Kearifan Lokal

f.Periodesasi (Pemilihan Pengurus Konferensi Naposobulung HKBP Th. 2020 – 2024)

3.Pra Konferensi Mengajukan kepada Pimpinan HKBP supaya secepatnya membentuk Panitia Konferensi Naposobulung HKBP tahun 2020.

Kegiatan ini berlangsung di dalam sukacita dan diakhiri dengan Peribadahan yang dipimpin oleh bapak Pdt. Darwin Sihombing (Ka.biro Pembinaan). Marsitangiangan – Masihaposan – Masiurupan ma angka Naposobulung HKBP, Tuhan memberkati.

 



comments

Leave a Reply

Pustaka Digital