"Manang ise na mangarupa halak na parir, mangaleai Sitompa ibana do; alai manang ise na pasangap Ibana, asi do rohana mida na pogos.

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia."

Poda 14:31

Minggu Advent II, Sekjend HKBP: "Firman Allah menjangkau seluruh dunia!"

MEDAN, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan berkhotbah pada kebaktian Minggu Advent II di HKBP Padang Bulan, Medan (5/12/2021).

Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan didasarkan pada teks Alkitab, Injil Lukas 3:1-6 tentang Khotbah Yohanes Pembaptis.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa Firman Tuhan menjangkau seluruh dunia dan seluruh aspek kehidupan kita. "Baik di padang gurun (Batak: halongonan), di ujung dunia, atau di mana pun kita berada, Firman Tuhan menjangkau kita," terang Pdt. Tinambunan.


Jangkauan Firman Tuhan yang membuat para Nabi, Rasul, Misionaris, dan Pemberita Injil bergerak sampai ke Tanah Batak dahulu sampai saat ini, kita semua, orang Kristen bergerak menjadi Pemberita Injil. "Dan semua orang akan melihat keselamatan dari Tuhan (ay. 6)," terang Pdt. Tinambunan menekankan Firman Tuhan yang menjangkau seluruh dunia.

Berjaga-jaga dan pertobatan menjadi topik yang ditekankan dalam minggu-minggu Advent. Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan juga menyampaikan gambaran pertobatan yang disampaikan oleh Yohanes Pembaptis. "Lembah ditimbun, gunung dan bukit diratakan, jalan berliku diluruskan, dan jalan berlekuk diratakan adalah gambaran pertobatan karena menerima keselamatan dari Tuhan," terang Pdt. Tinambunan.


Pada kebaktian saat ini, Jemaat HKBP Padang Bulan juga melaksanakan kebaktian lepas sidi kepada 53 orang pemuda, yang dilayani oleh Pdt. Bilker Simamora dan Pdt. Marco Purba selaku Pendeta yang melayani di HKBP Padang Bulan.



Akibat pandemi Covid-19, jumlah warga jemaat yang dibolehkan beribadah di dalam gedung hanya 50% dari daya tampung gedung. 

Untuk antisipasi jemaat yang hadir, pengurus gereja memanfaatkan lahan parkir untuk menampung jemaat yang tidak mendapatkan tempat di dalam gedung gereja.


SKS-NS

Pustaka Digital