Perayaan Ulang Tahun dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Baru HKBP Pansur Natolu

Di Minggu Jubilate, 30 April 2023, Praeses IX Sibolga Tapteng Nias, Pdt. Donda Simanjuntak, M.Th melayankan khotbah di HKBP Pansur Natolu Resort Naipospos, Distrik IX STN. Kebaktian ini diawali dengan peletakan batu pertama gereja HKBP Pansur Natolu dan dirangkai dengan pesta gotilon dan Jubileum 50 Tahun HKBP Pansur Natolu.



Pdt. Rinto Radin Sihombing sbg pendeta resort bertugas sbg liturgis, CPdt Michael Ch. Lumbantobing, S.Th sebagai pimpinan jemaat bertugas membaca warta dan St. JJ. Situmeang bertugas sebagai pendoa syafaat. Kebaktian ini berlangsung di gereja HKBP Pansur Natolu ditambah kursi di halaman gereja.


Acara ini dimulai pukul 10:30 yang dihadiri juga oleh PPD (Persekutuan Perempuan Distrik), PPR (Persekutuan Perempuan Resort) Naipospos, Koor Gabungan HKBP Pangambatan, Pimpinan Jemaat Cabang se-resort Naipospos, Majelis jemaat resort dan amang Pakpahan selaku kepala proyek pembangunan gereja ini.



Sepanjang kebaktian berlangsung ada 2 paduan suara yang mengumandangkan nyanyian, koor PPR dan koor gabungan HKBP Pangambatan. Sekitar 120 orang jemaat yang sangat antusias mengikuti kebaktian ini belum termasuk anak-anak sekolah minggu. Turut hadir juga kepala desa Dolok Pantis, kepala SDN Dolok Pantis, Anggota DPRD Kab. TAPTENG dan Kadis Perhubungan. TAPTENG dalam acara kebaktian tersebut.


Adapun target dana pembangunan gereja adalah Rp695.000.000. Dan dana yang sudah terkumpul dari Fund Raising yang diinisiasi oleh Ompui Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar sebesar Rp445.000.000. Dana yang terkumpul itu berasal dari jemaat yang bermurah hati memberikan sumbangan.


HKBP Pansur Natolu yang telah berusia 50 Tahun di 27 April 2023, yang sebelumnya tinggal 4 KK sekarang telah 16 KK di bawah pimpinan jemaat, CPdt. Michael Ch. Lumbantobing, S.Th. Di minggu Jubilate, Jubileum 50 Tahun HKBP Pansur Natolu jugalah gereja ini melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gereja di lokasi yang baru. Gereja yang lama akan direnovasi dan dialihfungsikan menjadi rumah dinas pelayan HKBP Pansur Natolu.



Tanah yang dipergunakan untuk pembangunan gereja HKBP Pansur Natolu adalah tanah yang dihibahkan oleh Tokoh Adat di desa Dolok Pantis. Sebagai penghargaan, HKBP Pansur Natolu melalui Praeses IX STN menyematkan sarung kepada Tokoh Adat yang menghibahkan tanah tersebut.



Selesai acara kebaktian dilanjutkan dengan acara ulang tahun dengan pemotongan dan pembagian kue ulang tahun ke seluruh jemaat yang hadir oleh Praeses IX STN. Dan melelang hasil gotilon dan silua yang diberikan jemaat. Tidak kalah juga partisipasi anak-anak sekolah minggu yang memeriahkan acara tersebut dengan tortor Jubilate. (Mich.tobing)