Peresmian Bagas ni Huria HKBP Distrik IX Sibolga-TN



SIBOLGA, hkbp.or.id - Proses pembangunan bagas ni huria HKBP Distrik Sibolga-Tapteng-Nias terbilang cepat karena setelah peletakan batu pertama pada September 2022 yang lalu, bangunan tersebut diresmikan hari ini 26 April 2023 oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan (26/4/2023).



Ibadah peresmian dilayani oleh Praeses HKBP Distrik IX STN, Pdt. Donda Simanjuntak sebagai Liturgis, Pdt. Martin Manullang menyampaikan Doa Syafaat dan Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah.


Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Tinambunan berdasar kepada Kitab Mazmur 121: 1-7

Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa pada awalnya semua rumah yang ditempati oleh pelayan gereja disebut dengan bagas ni huria, baru belakangan ini mulai disebut dengan rumah dinas. 


"Bagas ni huria na gok hadameon dohot las ni roha," demikianlah Pdt. Tinambunan menggambarkan situasi rumah jemaat yang penuh damai dan sukacita.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa Kitab Mazmur 121 sedikitnya menunjukkan empat karya Allah bagi umat manusia yaitu:

Allah menolong (ay. 1-2)

Allah menuntun (ay. 3)

Allah menjaga (ay. 4-5)

Allah memelihara (ay. 6-7)

Pdt. Tinambunan menekankan bahwa rumah huria yang diresmikan saat ini adalah tanda bahwa Allah menolong, menuntun, memelihara, dan menjaga kita semua.


Seluruh jemaat menjadi bagian perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong, menuntun, menjaga, dan memelihara.

"Siapa saja yang datang ke rumah ini, apa saja hal yang dibawa masuk ke rumah ini, Tuhan akan menunjukkan pemeliharaan-Nya kepada kita semua yang masuk dan yang keluar dari rumah ini," tutup Pdt. Tinambunan dalam khotbahnya.


Panitia pembangunan diketuai oleh Amang Marojahan Sitorus dan acara peresmian diketuai oleh Pdt. Tumpal Sinaga, Pendeta Resort Sibolga 1.


Peresmian ini dihadiri oleh Bapak H. Jamaluddin Pohan Walikota Sibolga, Bapak Martin Manurung dari DPR RI, Bapak AKBP Jimmy Christian Samma Kapolres Tapteng, Bapak AKBP Taryono Raharja Kapolres Sibolga, dan Bapak Letda CZI Parledongan Hutasoit mewakilo Dandim.

(SKS-NS)