Workshop Ekonomi Kreatif Kaum Bapak: Budidaya Peternakan Babi

Workshop Ekonomi Kreatif Kaum Bapak HKBP dengan topik “Budidaya Peternakan Babi” sedang berlangsung di Pilo House HKBP, Pohan Tonga, Siborongborong. Kegiatan yang akan berlangsung selama tgl 26-28 April 2023 ini diselenggarakan oleh Biro Ama-Lansia HKBP.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi kaum bapak dalam menjalankan usaha peternakan babi dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan anggota masyarakat dalam mengantisipasi berbagai tantangan situasi perekonomian terutama di masa-masa sulit. Tujuan kedua adalah untuk menumbuhkan dan mengasah inovasi dan kreatifitas dalam budidaya peternakan babi. Tujuan ketiga adalah untuk membentuk kelompok peternak di tingkat huria, resort, atau distrik untuk penyaluran pakan, pengetahuan budidaya ternak, dan sebagainya; juga sebagai wadah sharing pengalaman di antara peternak babi.


Untuk melakukan workshop ini, panitia menghadirkan beberapa narasumber yang akan membekali peserta. Pdt. Dr. Enig Aritonang (Kabiro Pembinaan HKBP) akan menyampaikan materi tentang perlunya budidaya pilo (pinahan lobu) berbasis jemaat. Dr. Parsaoran Silalahi (dosen UHN Medan) akan memberi pelatihan peserta bagaimana membuat kandang pilo yang efektif dan baik. Morina Girsang, S.Pt., (Pengawas Bibit Ternak Madya BPTUHPT Siborongborong) akan menjelaskan teori dan praktek sistim perkawinan buatan pada pilo. drh. Nometta Sembiring (Pilo House HKBP) akan menjelaskan mengenai kesehatan ternak. Andi Silaban (Pilo House HKBP) akan menjelaskan teori memproduksi ekoenzim dan akan melatih peserta mempraktekkannya.

Undangan disebar ke 9 distrik di sekitaran Tapanuli Raya namun 3 distrik saja yang mengirimkan peserta, HKBP Distrik II Silindung, HKBP Distrik IV Toba, HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, ditambah 2 orang peserta dari HKBP Distrik VIII Jakarta dan 1 orang dari HKBP Distrik XXI Banten. Total peserta yang mengikuti workshop ini adalah 43 orang, melebihi dari target yang diharapkan (36 orang) karena mengingat kapasitas penginapan yang terbatas, bahkan dua orang diantaranya adalah kaum ibu.




Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, membuka dengan resmi workshop ini atas nama Ephorus HKBP dalam sebuah ibadah pembukaan. Dalam sambutannya Pdt. Deonal Sinaga memotivasi agar peserta serius mengikuti workshop ini demi tujuan yang sudah dirumuskan dapat tercapai. Satu kutipan dari Lao Tzu yang diungkapkan Ka. Dep. Koinonia yang berkata, “The Journey of a thousand miles begins with one step,” menekankan bahwa workshop ini merupakan langkah pertama bagi kesuksesan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. (DK-AAS)