Perjalanan Wisata Rohani dan Pembinaan Parhalado dan Keluarga HKBP se-Resort Tangkerang, Distrik XXII Riau

Dalam rangka menyukseskan Tahun Profesionalisme dalam Penatalayanan HKBP tahun 2023, HKBP Resort Tangkerang, Distrik XXII Riau mengadakan kegiatan pembinaan parhalado sekaligus wisata rohani ke Sumatera Utara. Kegiatan ini berlangsung mulai dari hari Minggu, 23 April s.d. Kamis, 27 April 2023. Selama 4 malam, 5 hari, perjalanan ini dilakukan berketepatan dengan libur lebaran. Perjalanan ini diikuti 58 orang termasuk beberapa orang anak-anak. 

HKBP Resort Tangkerang dipimpin oleh Pdt. Limdes Sinaga, M,Div., dan Bvr. Nurdiana Sihaloho, serta dibantu oleh Bvr. Hoddi Sianturi (part time, sebab sedang cuti ikut suami dan menetap di Tangkerang). HKBP Resort Tangkerang ini terdiri dari 2 jemaat filial, HKBP Tangkerang dan HKBP Agave Inti II. HKBP Agave Inti II terdiri dari 16 KK dan dilayani 5 orang sintua, St. A. Siahaan, St. T. Lubis, St. T. Tarihoran, St. D. Silitonga, dan St. S. Manalu. Sedangkan HKBP Tangkerang terdiri dari 279 KK dan dilayani 18 orang sintua, St. M. Siahaan, St. D. Silitonga, St. J. Simatupang, St. R. S. Siregar, St. E. D. Siregar, St. S. Simorangkir, St. M. Manalu, St. T. Lumbatoruan, St. E. M. H. Silalahi, St. V. J. Napitupulu, St. P. Napitupulu, St. H. Samosir, St. T. Sinaga, St. E Br Pangaribuan, St. E Br Sitinjak, St. M. Br Situmorang, Cal. St. O. M. Manik, dan Cal. St. R. P. Situmorang.

Dari 23 orang sintua se-HKBP Resort Tangkerang ini, hanya 18 orang sintua yang bisa mengikuti perjalanan wisata dan pembinaan sintua ini karena beberapa orang berhalangan karena urusan pekerjaan. Setelah berangkat dari Riau pada hari Minggu siang, rombongan tiba di Tarutung pada hari senin subuh. Sepanjang hari senin, 24 April 2023, rombongan melakukan perjalanan wisata ke Salib Kasih Tarutung, Perkampungan Seminarium HKBP-Sipoholon, Hot Spring Tarutung, Pemandian Air Soda Tarutung, dan Sipincur Park Geosite-Humbang. Malan harinya chek in di Perkampungan Pemuda HKBP, Jetun-Silangit.


Hari Selasa, 25 April 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, memberikan ceramah bagi 16 orang sintua HKBP Resort Tangkerang, Distrik XXII Riau di ruangan menza Perkampungan Pemuda HKBP, Jetun Silangit.


Sementara itu, di ruangan yang berbeda, Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing, S.Th., memberikan ceramah dan bimbingan bagi keluarga para sintua yang hadir pada pembinaan ini. Dalam ceramahnya, Pdt. Deonal Sinaga memaparkan topik “Menjadi Pelayan/Parhalado HKBP yang Profesional: Striving for Excellence.” Melalui ceramah ini Pdt. Deonal Sinaga memberikan motivasi bagi para parhalado untuk terus semangat melayani dan berupaya mencapai pelayanan yang lebih excellence. 


Seusai makan siang, rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Samosir dan melakukan perjalanan wisata untuk mengunjungi beberapa objek wisata lainnya. Beberapa objek wisata yang dijadwalkan untuk dikunjugi dalam 2 hari ke depan adalah, Bukit Sibeabea, Pantai Batu Hoda (o km Samosir), dan Istana Raja Siallagan. Selain itu rombongan dijadwalkan menginap di mess HKBP Distrik VII Samosir di Pangururan. (DK-AAS)