Ragam Kegiatan dan Penutupan Jambore ASM HKBP 2024

Anak-anak Sekolah Minggu, peserta jambore mengikuti ragam kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia antara lain penelaahan Alkitab, permainan yang membangun kebersamaan dan eksposure yaitu membangun pengenalan anak terhadap HKBP. Pada peserta juga ditanamkan kemandirian di mana selama beberapa hari (25-29 Juni 2024) anak-anak tanpa pendampingan orang tua dan tanpa alat komunikasi. 


Para sahabat anak mendampingi peserta sesuai dengan pembagian kelompok yang ditetapkan oleh panitia. Di dalam kelompok-kelompok tersebut, para sahabat menceritakan cerita-cerita Alkitab, memandu peserta untuk saling berkenalan di masing-masing kelompok dan membangun kerjasama peserta melalui permainan-permainan. Melalui kegiatan eksposure, para sahabat anak menanamkan kepada peserta tentang sejarah HKBP. Peserta dibawa berkunjung ke beberapa gereja bersejarah yaitu HKBP Simanungkalit, HKBP Pearaja, HKBP Dame Sait ni Huta dan Kantor Pusat HKBP. Di dalam kegiatan jambore juga diselenggarakan pembinaan kepada guru-guru Sekolah Minggu yang membawa anak-anak dari masing-masing distrik. Kegiatan pembinaan bertempat di Gedung Nommensen Christian Center, Seminarium Sipoholon. 


Pada Jumat malam (28/6/2024) semua peserta, para sahabat anak, guru-guru Sekolah Minggu dan panitia yang dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga berkumpul mengadakan malam keakraban dan api unggun di tengah lapangan Seminarium Sipoholon. Seluruh hadirin sangat antusias mengikutinya dan diliputi kegembiraan.

Beberapa hari di Seminarium Sipoholon curah hujan cukup tinggi, tetapi kondisi tersebut tidak mengurangi semangat dan sukacita anak-anak, peserta jambore. Dampaknya, seluruh rangkaian kegiatan jambore dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan dan dijadwalkan panitia.


Kegiatan Jambore ASM HKBP 2024 diakhiri dengan acara penutupan, Sabtu (29/6/2024) yang dirangkai dengan ibadah, kata-kata sambutan, makan bersama dan kepulangan peserta. 


Pdt. Deonal Sinaga dalam khotbahnya menyampaikan semua umat percaya, termasuk anak-anak sekolah minggu dipanggil dan diutus oleh Allah untuk menyaksikan kebaikan-kebaikan Allah di dunia. Semua anak sekolah minggu HKBP berpotensi menjadi orang-orang yang sukses dan pemimpin-pemimpin besar nantinya. 


Karena itu, anak-anak sekolah minggu HKBP harus lebih mencintai Firman Tuhan, pendidikan daripada game yang ada di gadget, ucap Kepala Departemen Koinonia.


Dalam sambutannya juga, Pdt. Deonal Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan HKBP, para praeses, para donatur, pihak pemerintah, panitia dan pihak-pihak lainnya yang berkontribusi demi kesuksesan Jambore ASM HKBP 2024.


Dalam acara penutupan, tampak hadir dan memberi kata sambutan, Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, Praeses HKBP Distrik VI Dairi, Pdt. Sampur Manullang, S.Th, Wagner Pakpahan mewakili donateur dan unsur dari Kabupaten Humbang Hasundutan.


(B.TIK)

Pustaka Digital