Sekjend HKBP: Tuhan lah yang memberi makan kita semua

BATUBARA, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan mengunjungi Jemaat HKBP Cinta Damai Resort Cinta Damai Distrik XIV Tebing Tinggi Deli dalam Ibadah Minggu IX setelah Trinitatis (6/8/2023).


Ibadah Minggu dipadukan dengan ibadah kebaktian Parheheon Keluarga HKBP Resort Cinta Damai.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Sikpan Sihombing, Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi sebagai Liturgis dan Pdt. Roni Silitonga, Pendeta HKBP Resort Cinta Damai sebagai pembaca Warta Jemaat dan Doa Syafaat.


Pdt. Tinambunan menyampaikan khotbah yang berdasar kepada Injil Matius 14: 13-21 tentang Tuhan Yesus memberi makan lima ribu orang.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa Tuhan Yesus sangat peduli kepada orang banyak sedangkan perbuatan Herodes yang diceritakan pada ayat 1-12 sangat bertolak belakang dengan perbuatan Tuhan Yesus.


Pdt. Tinambunan menyampaikan sedikitnya ada tiga hal yang menjadi kabar baik bagi kita yaitu:

Pertama, kita harus benar-benar mensyukuri kasih dan kepedulian Tuhan Yesus kepada kita. Bukan hanya kepada 5000 orang pada masa lalu tetapi kita juga sampai saat ini.

Apabila kita makan, ketahuilah bahwa itu adalah karya kepedulian Tuhan kepada kita.


Kedua, karunia makanan dari Tuhan harus selalu mendatangkan kebaikan bagi kita. Berkaitan dengan itu, kata "cukup" menjadi sangat penting dalam menghadapi makanan. Supaya makanan mendatangkan kesehatan dan sukacita dalam kehidupan.

Ketiga, sebagai umat yang beriman kepada Tuhan Yesus kita harus seperti Tuhan Yesus yang memiliki "roha pangoluhon" yang peduli terhadap orang lain. Tuhan Yesus telah menyediakan kebutuhan kita maka sebagai keluarga Kristen kita harus terus bekerja keras dan mau dipakai Tuhan Yesus sebagai saluran berkat kepada orang banyak.

Seperti namanya Cinta Damai, hendaklah semua keluarga di jemaat ini menjadi cinta damai dan membawa damai kepada semua orang.


Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan mangulosi dan makan bersama seluruh warga jemaat HKBP Cinta Damai.

(SKS-NS)


Pustaka Digital