Strategi Pengijilan HKBP untuk Pekabaran Injil


PEMATANGSIANTARDepartemen Marturia HKBP berkomitmen untuk mengobarkan semangat Zending HKBP dari seluruh aras pelayanan HKBP.Dimulai dari pusat, distrik, ressort, huria dan pos pelayanan. Pengobaran semangat ini ditunjukkan melalui kegiatan seminar dan lokakarya  Strategi Penginjilan yang dilaksanakan pada 20 – 21 Juni 2019 di Kantor Zending HKBP,di Jalan Gereja, Pematangsiantar.

Setalah menggelar ibadah pembukaan yang dilayani oleh Praeses HKBP Distirk V Sumatra Timur Pdt Robert Pandingan MTh, Kepala Dapartemen Marturia Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan dengan resmi membuka kegiatan yang diikuti oleh 65 perserta dari beberapa perwakilan distrik dan ressort ini. Semiloka ini menghadirkanenam pembicara dari unsur akademisi, misiologis, praktisi, badan penelitian, teknologi, praktika dan dari pimpinan HKBP.

Kepala Departemen Marturia dalam arahan dan bimbingannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana untuk mendorong para pelayan gereja supaya sehati dan sepikir untuk mendukung pelayanan yang ada di Zending HKBP. Lebih dari 100 tahun umur Zending HKBP, tetapi masih belum mampu mandiri secara baik.Pada2017, HKBP telah meresmikan empat ressort di daerah zending dengan tujuan kemandirian zending dalam sumber daya manusia dan sumber dana. Tetapi, hal itu masih jauh dari harapan.Sampai saat ini, daerah zending HKBP yang sudah mandiri masih disokong oleh Kantor Pusat HKBP.

Disamping itu, tambahnya lagi, tantangan yang dihadapi sampai saat ini masih dalam hal yang sama, yaitu kemajuan teknologi. Melalui seminar dan lokakarya strategi penginjilan ini, kami mau mengajak kita semua untuk memikirkan dan memutuskan strategi penginjilan sesuai dengan konteks saat ini dan memikirkan usaha Zending HKBP,” kata Pdt Anna.

Selama seharian seminar berjalan dengan baik dan lancar dengan beberapa poin penting, penginjilan telah ada sejak kehidupan di dunia Perjanjian Lama danBaru, bahkan sampai saat inisehingga perlu menyatukan pemahaman akan penginjilan yang terjadi saat ini baik dari segi tujuan penginjilan, sasaran penginjilan dan pelaku penginjilan serta dana penginjilan.


Salah satu sasaran seminar penginjilan ini juga mempersiapkan model penginjilan yang dapat diterima oleh jemaat dan yang bukan jemaat Kristen. Implementasi dari seminar ini juga mau menyadarkan bahwa pennginjilan dari dulu sampai saat ini menjadi tanggungjawab bersama. Penginjilan itu mendidik manusia mengenal Tuhan Yesus.

Adapun beberapa pembicara yang ahli dalam bidangnya, seperti: PdtAnna Vera Pangaribuan (Kepala Departemen Marturia), Pdt Dr Hulman Sinaga (ahli Perjanjian Lama), Pdt Dr Apeliften Sihombing (ahli missiologi), Pdt Ampu Aritonang DMin (bergerak dibagian penelitian), Milton Ompungsunggu (praktisi pelayanan marginal), dan Nathaniel Simangunsong (ahli teknologi informasi). Pimpinan HKBP juga sangat mendukung kegiatan ini yang disampaikan oleh Pdt David Farel Sibuea MTh DMin (Sekjen HKBP).

Pesan dari Pdt David Sibuea, bagaimana kita memikirkan dan mewujudkan penginjilan ke luar.Tidak hanya di dalam saja. Penegasan dari Pdt David Sibuea merupakan salah satu sasaran Pekabaran Injil HKBP di dunia.

Kepala Biro Zending Pdt Anthony Manurung STh menekankan untuk lebih memaksimalkan kegiatan kelompok untuk menggumuli pokok-pokok materi yang dibahas. Ada lima kelompok yang membahas lima tema besar, yaitu: strategi dan teknis PI internal bagi non-Kristen di daerah primitif, strategi dan teknis PI internal jemaat Kristen diaspora di daerah transisi, modern dan luar negeri,strategi dan teknis PI Internal jemaat Kristen yang sudah menjauh dari gereja saat ini, strategi dan teknis PI internal dan eksternal dalam metodologi digital IT, zaman milenial,dan strategi dan teknis PI internal kepada kaum marginal.

Kegiatan semiloka ini merupakan sebuah refleksi dari pemahaman akan hidup orang Kristen yang bersaksi akan kasih Kristus ditengah-tengah dunia. Pemahaman kesaksian ini juga mencakup  tri tugas panggilan gereja yang bergerak dibidang Koinonia, Marturia dan Diakonia. Itulah yang mendorong Departemen Marturia HKBP melalui Biro Zending HKBP untuk melaksanakan seminar dan lokakarya strategi penginjilan.(JLS/ Edt: DM)













  • evizudizum

    http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ - Amoxicillin 500 Mg <a href="http://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amoxicillin No Prescription</a> fhr.yhfh.hkbp.or.id.sob.nz http://mewkid.net/buy-amoxicillin/

  • abiguqixe

    This comment has been deleted by author.