105 Tahun Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige

Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige berdiri 5 Agustus 1918 dan terletak di jl. Gereja, no. 17, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Sejak berdirinya, sesuai dengan visi: menjadi RS di wilayah Tapanuli yang bermutu tinggi, sesuai standar kesehatan serta berbasis kasih Kristiani. Serta motto: melayani dengan kasih-Nya. RSU ini telah banyak melakukan pelayanan kesehatan pada warga HKBP dan masyarakat sekitar. 


Kini RSU HKBP Balige terus berbenah dan telah terakreditasi C. Banyak pembenahan dilakukan agar dapat bersaing dengan rumah sakit kompetitor, antara lain: instalasi gawat darurat (IGD), IGD kebidanan, laboratorium, instalasi bedah, farmasi, gizi, ruangan hemodialisa, NICU, PICU, rawat inap, poli rawat jalan, ruangan rawat jalan. Alat-alat kesehatan semakin di modernisasi. Tenaga medis atau dokter spesialis semakin ditingkatkan. Dokter spesialis yang ada di RSU HKBP Balige adalah spesialis bedah, kandungan- kebidanan, paru, jantung, mata, penyakit dalam, dan lain-lain. Salah satu kelebihan RSU HKBP Balige adalah diadakannya pelayanan kerohanian bagi pegawai, terkhusus bagi pasien rawat inap. 


Pegawai RSU HKBP berjumlah 332 orang, terdiri dari tenaga medis, tenaga perawat dan kebidanan, pegawai non-kesehatan, dan outsourching. Gaji dan kesejahteraan pegawai sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Perumahan bagi pegawai RSU HKBP Balige telah dibuat dengan bangunan Rusunawa berkapasitas 37 pintu. 


Mensyukuri 105 Tahun RSU HKBP Balige diselenggarakan perayaan ulang tahun pada Sabtu (5/8/2023) di Aula RSU HKBP Balige. Perayaan ini sederhana, tapi sangat bermakna menyemangati seluruh pegawai dan hadirin dari dosen dan mahasiswa Akper HKBP Balige, undangan dari Distrik XI Toba Hasundutan, Sekolah Tinggi Bibelvrow (STB), Pemerintah Kabupaten Toba dan undangan lainnya.


Perayaan diawali dengan Ibadah yang dilayankan Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga sebagai pengkhotbah dan Pdt. Pastiana Sipangkar, S.Th. setelah ibadah dilanjutkan acara pemotongan kue, kata-kata sambutan dan makan bersama.


Dalam khotbah yang disampaikan Pdt. Deonal Sinaga menekankan bahwa HKBP sudah sepakat bahwa RSU HKBP ini harus membintang sejalan dengan visi HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia. HKBP bersama dengan pengurus dan keluarga besar RS HKBP sepakat mewujudkan RS ini menjadi Rumah Sakit Rujukan terbaik. 


Dr. Benny Sinaga sebagai Direktur RSU HKBP Balige mengatakan dalam sambutannya bahwa RSU HKBP masih terus memperbaiki banyak hal dan berkomitmen memberikan pelayanan pelayanan terbaik dan terbaru bagi pasien agar dapat menyokong event nasional maupun internasional di Kabupaten Toba ini. 


Ephorus HKBP dalam sambutannya menyampaikan RSU HKBP Balige adalah wujud nyata dari tindakan diakonia di tengah-tengah pelayanan HKBP yang sudah berdiri sejak 161 tahun yang lalu. Ephorus HKBP menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga medis, pengurus yayasan dan staf RSU HKBP atas meningkatnya kesadaran dalam melakukan tugas pelayanan kepada seluruh pasien yang datang. Ephorus mengharapkan agar sikap profesionalisme dan disiplin semakin di tingkatkan agar pelayanan diakonia tampak dan hadir di RSU HKBP ini. 




Setelah acara ibadah selesai, dilaksanakan acara pemotongan kue sebagai rangkaian dalam memeriahkan perayaan HUT RS HKBP Balige. Terlihat Ephorus HKBP bersama dengan Kadep Koinonia ikut serta dan membagikan kue kepada tiap-tiap utusan dan tamu undangan. Setelah acara perayaan HUT dilanjutkan kembali dengan acara kata sambutan serta arahan dan bimbingan dari Ephorus HKBP. (BTIK)

Pustaka Digital