Dilahirkan Kembali oleh Firman Tuhan: Minggu Miserikordias Domini di HKBP Simanungkalit

Minggu, 23 April 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah di HKBP Simanungkalit, Resort Sipoholon I, Distrik II Silindung. Kebaktian berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Pdt. Nixcon Simanungkalit, M.Ars., M.Th., Sekretaris Khusus Kepala Departemen Koinonia HKBP, yang juga merupakan pendeta yang berasal dari jemaat ini, bertugas sebagai liturgis. Sementara pendeta HKBP Resort Sipoholon I, Pdt. Agus Lumbantobing, M.Div., sedang bertugas ke jemaat filial di HKBP Simanungkalit Dangsina sekaligus melayankan Sakramen Perjamuan Kudus di sana.



HKBP Simanungkalit merupakan salah satu jemaat mula-mula di rura Silindung. Jemaat ini berdiri tahun 1881 dan menjadi resort pertama di wilayah Sipoholon. Itulah sebabnya nama resortnya Sipoholon I. HKBP Resort Sipoholon I memiliki 2 jemaat filial, yakni HKBP Simanungkalit Parjulu (hulu), dan HKBP Simanungkalit Dangsina (selatan).

Saat ini HKBP Simanungkalit dilayani oleh Pdt. Agus Lumbantobing, M.Div., sebagai pendeta resort, dan Gr. Dody Kasih Napitupulu, S.Pd.K. Jumlah anggota jemaatnya pada tahun 2023 ini tercatat sebanyak 269 kk, 1048 jiwa, yang dibagi ke dalam 10 lingkungan (wijk). Pendeta dan Guru Huria dibantu 15 orang sintua (1 orang diantaranya sintua perempuan).

HKBP Simanungkalit ini memiliki lahan yang cukup luas. Di pargodungan ini terdapat satu unit Sekolah Dasar swasta HKBP, satu unit TK HKBP, satu unit Puskesdes, dua unit rumah pastori untuk pendeta resort dan untuk Guru Huria, serta satu unit rumah pastori lama yang dihuni oleh salah satu dosen STGH. Di salah satu sudut pargodungan ini terdapat makam para misionaris yang pernah melayani di HKBP Simanungkalit dan di wilayah Sipoholon, termasuk di Seminarium HKBP, Sipoholon.

Dalam khotbahnya Pdt. Deonal Sinaga menekankan bahwa Minggu Misericordias Domini menggambarkan bahwa kasih setia Tuhan memenuhi bumi ini (Mzm. 33: 5b). Jika kasih setia Tuhan memenuhi bumi, maka sukacita, damai sejahtera, keadilan, kebaikan, kemurahan, keramahan, dan kepenuhan hidup akan benar-benar mendominasi wajah bumi ini. Kegelapan, kejahatan, penindasan, kesemena-menaan, segala bentuk diskriminasi, dan ketidakadilan dengan sendirinya tidak akan memiliki kekuatan lagi.

Pdt. Deonal lebih lanjut menyampaikan, “Jika kita menyadari kebenaran dan kenyataan status istimewa kita sebagai warga kerajaan sorga, maka kita akan tampil sebagai pribadi-pribadi tangguh yang senantiasa memancarkan kasih, sukacita, dan damai sejahtera selama kita berada di dunia ini. Saya yakin saudara bisa. Kita bisa memancarkan sinar kasih, damai, dan sukacita sebagai anak-anak yang lahir baru dalam Firman Tuhan.”

Seusai kebaktian, Pdt. Deonal Sinaga beserta keluarga dijamu makan siang di rumah pendeta resort bersama-sama dengan seluruh parhalado HKBP Simanungkalit. Acara pun ditutup dengan doa oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP lalu berfoto bersama. (DK-AAS)


Pustaka Digital