"Ia parholong ni roha, ndang diulahon na jahat tu angka dongan;

Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia"

Rom 13:10a

Ephorus Melantik Pdt Sarman Naibaho Menjadi Praeses HKBP Distrik II Silindung



Seusai Kepala Biro Jemaat Pdt Ebsan Hutabarat MTh membacakan surat keputusan dan tugas dan pelayanan Praeses dalam Aturan Peraturan HKBP 2002 Setelah Amandemen II, Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing menjabat tangan Pdt Sarman Naibaho STh MM dengan mengucapkan kalimat melantik Pdt Sarman menjadi Praeses HKBP Distrik II Silindung pada ibadah Minggu (19/5/2019) di HKBP Pearaja Distrik II Silindung, Tapanuli Utara. Praeses Pdt Sarman didampingi istri, Pdt Nurmaria M Simanjuntak STh menghadap warga jemaat sebagai perkenalan singkat.

Pelantikan praeses ini turut dihadiri oleh Kapolres Tapanuli Utara AKBP Horas Silaen MPsi, Komandan Kodim (Dandim) 0210/Tapanuli Utara Letkol Inf Rico Siagian SSos, dan yang mewakili Kajari Tapanuli Utara Bapak Sihombing.


Pada kata perpisahan praeses yang lama, Pdt Dr Deonal Sinaga, berterima kasih atas kerja sama yang baik kepada seluruh pelayan di Distrik Silindung, warga jemaat dan unsur pemerintah kabupaten serta aparat keamanan yang selalu memiliki relasi baik dengan HKBP. Dengan didampingi oleh istri, Omega Br Sitorus dan kedua anaknya Dilan dan Louis (sementara anak yang ketiga masih bayi berada di rumah), Pdt Deonal Sinaga berpamitan dan memohon dukungan doa kepada seluruh pelayan dan warga jemaat.

“Banyak hal yang berkesan kami peroleh dari tempat pelayanan Distrik II Silindung ini. Awalnya kami sekeluarga datang ke sini berempat, tapi kini kami berangkat sudah berlima. Sungguh berkat yang luar biasa. Masa pelayanan 2,5 tahun di distrik ini begitu mengesankan. Banyak pengalaman pelayanan yang didapat. Dari distrik ini permulaan persebaran Injil di tanah Batak,” papar Pdt Deonal Sinaga.

Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh pelayan untuk tetap memiliki kredibilitas seorang pelayan dan konsistensi menjalankan keputusan-keputusan sinode distrik yang telah disepakati dan didoakan bersama. Ia pun menjabarkan sekilas beberapa keputusan tersebut.

Berikut kutipan singkat pesan Praeses Pdt Deonal Sinaga:
Ada beberapa keputusan strategis yang telah kita tetapkan di distrik ini yang langsung menyentuh cakupan masyarakat umum. Pertama, keputusan sinode distrik yang menetapkan motto distrik, yaitu Marhobas sian Nasa Roha [Melayani dengan Hati]. Memang benar, apabila kita melayani dari hati, di mana pun kita melayani, posisi [jabatan] apapun, itulah yang dikehendaki oleh Tuhan. Itu juga menjadi kidung yang baru di dalam hati.

Kedua, ada keputusan sinode distrik yang menetapkan supaya tidak ada lagi ulaon adat [kegiatan yang berkaitan dengan adat] di hari Minggu, termasuk acara penguburan. Begitu banyak tantangan dan ancaman yang dihadapi para pelayan pada saat melakukan itu. Tapi, sampai sekarang kita dapat bertahan dengan luar biasa menjalankannya. Itu harus tetap kita jalankan sebab dengan demikian kita dapat mengkhususkan hari Minggu [untuk beribadah]. Ompu i Ephorus mengatakan, supaya kita tetap bertahan karena itu merupakan keputusan yang baik.

Ketiga, ada keputusan sinode distrik yang menetapkan melawan segala penyakit sosial, juga terkait lingkungan hidup. Kita harus menyuarakan Injil. Gereja harus hadir dengan suara nabiahnya. Dalam hal ini, bapak kapolres dan bapak dandim sangat mendukung kita melakukan program ini.

Keempat, keputusan sinode distrik yang menetapkan gereja tanpa asap rokok. Kita telah menyosialisasikan ini. Kita berharap semakin berkurang asap rokok di tengah-tengah gedung gereja HKBP Distrik II Silindung ini.


Sementara itu, dalam kata sambutan dan perkenalan Praeses Pdt Sarman Naibaho cukup singkat memperkenalkan istri, Pdt Nurmaria M Simanjuntak STh, putra dan putrinya. Ia optimis terhadap pengembangan pelayanan Distrik Silindung dibawah motto Marhobas sian Nasa Roha. Kerja sama pelayan dan warga jemaat dapat meningkatkan pelayanan.

Ibadah pelantikan ini dilayani oleh Pdt Josmar Sinaga STh sebagai liturgis dan Ephorus sebagai pengkhotbah. Seusai ibadah, para pelayan distrik menyampaikan cinderamata dan kenang-kenangan kepada Praeses Pdt Deonal Sinaga dan keluarga. Anggota MPS dan MPSD memberikan ulos kepada Praeses Pdt Deonal dan istri serta Praeses Pdt Sarman dan istri.

Sebelumnya, pada Minggu (28/4/2019), Praeses Pdt Deonal Sinaga telah dilantik menjadi Praeses HKBP Distrik Banten oleh Ephorus. Turut mendampingi Praeses Pdt Deonal Sinaga pada saat itu O Br Sitorus (istri) dan Kepala Bidang Diakonia Distrik Silindung Pdt Berlin Berutu MDiv. Pdt Sarman Naibaho sebelumnya melayani sebagai Pendeta HKBP Ressort Semarang Barat Distrik XVIII Jabartengdiy.

Turut hadir Praeses HKBP Distrik VII Samosir Pdt Mangido Tua Pandiangan STh MM, paduan suara Sekolah Tinggi Guru Huria, paduan suara Sekolah Tinggi Bibelvrouw, paduan suara NHKBP Simanungkalit. Praeses Pdt Deonal Sinaga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada paduan suara NHKBP Simanungkalit yang turut andil dalam pencarian dana bagi pembangunan renovasi gedung dan mess distrik.  (Biro Informasi – DM)























comments

Leave a Reply