"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

HOW TO COACH: Pemberdayaan Mentor Calon Pelayan"

Pada hari Kamis-Jumat, 05-06 Mei 2022 dilaksanakan kegiatan pemberdayaan mentor calon pelayan bertempat di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja-Tarutung. Kegiatan ini dilakukan oleh Departemen Koinonia-Biro Pembinaan dengan tujuan membina para mentor supaya menjadi mentor yang handal dan terampil di dalam membimbing para calon pelayan yang melayani di tengah-tengah jemaat HKBP. Kegiatan ini diikuti oleh 39 orang pendeta yang berasal dari Distrik II Silindung, Distrik IV Toba, Distrik V Sumatera Timur, Distrik VI Dairi, Distri VII Samosir, Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias, Distrik XIV Tebing Tinggi Deli, dan Distrik XXIV Tanah Jawa.



Kegiatan ini dibuka dengan ibadah yang dipimpin oleh Kepala Biro Ama-Lansia Pdt. Herwin Simarmata, M.Th dan yang membuka kegiatan ini adalah Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Setelah ibadah pembukaan, Kepala Biro Pembinaan Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang memberikan laporan ketua panitia kegiatan pemberdayaan ini, diteruskan dengan Ompui Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar yang juga memberikan keynote speech kepada para peserta di dalam kegiatan ini, dilanjutkan dengan sharing pengalaman yang disampaikan oleh Kepala Biro Jemaat Pdt. Tumpak Siahaan, S.Th sebagai pendeta senior. Kemudian pemberdayaan mentor calon pelayan hari pertama ditutup dengan ibadah sore yang dipimpin oleh peserta pemberdayaan yaitu Pdt. Martin Gultom, S.Si (Teol) yang melayani di HKBP Resort Palmarum Distrik II Silindung. 


Di hari yang kedua, kegiatan pemberdayaan dibuka dengan ibadah pagi yang dipimpin oleh Pdt. Raya Lumasti Siagian, S,Th yang melayani di HKBP Resort Sipoholon V Situmeang Distrik II Silindung. Sesi yang pertama di hari kedua ini disampaikan oleh Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga yang menyampaikan materi mengenai menjadi mentor yang handal, kreatif, inovatif, dan motivative. Di sesi yang kedua, Kepala Biro Pembinaan Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang juga memberikan materi mengenai How to Coach. Yang mana beliau menyampaikan bahwa seorang mentor harus bisa memberdayakan talenta yang dimiliki oleh para calon pelayan dan mengerti bagaimana membentuk karakter calon pelayan tersebut sesuai dengan kelebihan yang ia miliki. Kemudian sesi dari Kepala Biro Pembinaan dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari para peserta atau memberikan pendapat juga saran terhadap kegiatan tersebut maupun program yang diperuntukkan kepada calon pelayan.

Kegiatan ini diakhiri dengan ibadah yang dipimpin oleh Kepala Biro TIK Pdt. Fortunate Siagian, S.Th dan kegiatan ini ditutup oleh Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga sembari beliau memberikan apresiasi juga ucapan terima kasih kepada tim pelaksana kegiatan yaitu Biro Pembinaan yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang, dan kepada para peserta yang sudah bersedia memberikan waktu serta berpartisipasi di dalam kegiatan pemberdayaan mentor calon pelayan tersebut. Kiranya kegiatan pemberdayaan mentor calon pelayan gelombang I ini dapat memberikan bekal dan keterampilan yang baru terhadap para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Sampai jumpa di kegiatan pemberdayaan calon mentor selanjutnya. (VBM-BP)



Pustaka Digital