"Diri nama di jolongku tumpal hatigoran silehonon ni Tuhan paruhum na tigor i di ari sogot i tu ahu; alai ndada hoalan tu ahu, tu saluhut na do tahe angka namanghaholongi hapataronNa i.

Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya padaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya."

2 Timoteus 4: 8

Ibadah Puncak Kegiatan Bersama Anak Sekolah Minggu HKBP Resort Bagan Batu Dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP


HKBP Bagan Batu merupakan Sabungan (induk) dari Resort HKBP Bagan Batu menjadi tempat berlangsungnya Ibadah Puncak Kegiatan ini (2/6). Peribadahan ini dilayani oleh Pdt. Efendi Silitonga (Pendeta Resort HKBP Bagan Batu) sebagai Liturgis, Gr. R. Bancin memberitakan warta minggu dan St. T. Sarumaha membawa doa syafaat serta Pdt. Dr. Martongo Sitinjak (Kepala Departemen Koinonia HKBP) memberitakan Firman Tuhan.

Berlandaskan Firman Tuhan yang dikutip dari Daniel 3 : 21-29, Pendeta Martongo Sitinjak menyampaikan bagaimana kebesaran Tuhan menjagai orang-orang yang setia kepada Tuhan. Sebagaimana Sadrakh, Mesakh dan Abednego yang sekalipun ingin dibunuh, dibakar habis dan menderita, mereka tidak mau menyembah patung atau ilah-ilah lain sebab mereka hanya percaya kepadaNya.

Dengan rasa senang, Anak Sekolah Minggu (ASM) HKBP Resort Bagan Batu menyambut sapaan Pengkhotbah dengan Tuhan Yesus mengasihiku ketika Pdt. Martongo Sitinjak menyapa dengan perkataan “Anak Sekolah Minggu HKBP !”.

Menanamkan kasih Tuhan dalam diri anak-anak dan keluarga merupakan hal yang saat ini kurang ditekankan dalam pengajaran kita saat ini, karena kita larut dalam kesenangan dunia. Kita lebih mengarahkan anak-anak dan banyak orang untuk sukses, berhasil, pintar, agar punya jabatan , dll, namun kita seakan lupa menyampaikan kepada banyak orang bahwasanya Tuhan adalah empunya dari segalanya dan kita harus terlebih dahulu memiliki Dia dalam hidup kita lalu yang lainnya. Sebab ketika kita ada bersama Dia, ketika susah dan senang kita bahagia bersama Allah. Itulah bagian dari pesan yang disampaikan pengkhotbah.


Bagian akhir khotbahnya ia berharap dengan perkataan “Huelekelek hamu amang dohot inang, suanhon hamu tu angka ianakhonmuna Tuhan i ganup ari ganup tingki, ditingki berangkat tu singkola nasida paboa hamu ma Didongani Tuhan i ma ho anakhu huhut di apusho simajujungna, manang ditingki sadihari pe tahe na boi. Asa bagas tarsuan di dakdanaki Ai Debata do na mandongani nasida laos setia ma ibana tu Tuhan i mulai sian dakdanak, terangnya.

25 Tahun yang lalu, HKBP Bagan Batu menjadi persiapan Resort yang di mekarkan oleh HKBP Simpang Padang Duri. Pdt. Dr. Martongo Sitinjak merupakan Pendeta Resort yang memekarkan medan pelayanan ini dikala itu. Pada masa itu ASM merupakan motor penggerak dari perkembangan pelayanan di tempat ini, sebab ASM yang memenuhi peribadahan persiapan gereja ini menjadi persiapan Resort. Saya merasa seperti reuni pada saat ini, terang Kadep Koinonia HKBP.

Peribadahan ini berjalan dengan hikmat, seluruh Jemaat yang mengikuti ibadah ini dengan tentram dan bahkan juga seluruh ASM yang mengikutinya. ASM duduk di paling depan dan beralaskan tikar, namun keceriaan mereka di peribadahan ini tidak dapat disembunyikan mereka. Walaupun terkadang terlintas dalam perkataan mereka “nanti kita telepon-teleponan ya!”, sebab setelah ibadah mereka akan kembali ke tempatnya masing-masing.


Pada ibadah puncak ini, Dhea Purba (ASM dari HKBP Sapta Marga) dipilih untuk menceritakan tokoh Alkitab, ia menceritakan tentang si zakheus orang pendek sipemungut cukai yang percaya kepada Tuhan. Beberapa anak sekolah minggu yang dipilih juga menyampaikan hukum taurat.

Mewakili seluruh ASM yang mengikuti, dua orang anak dari setiap huria diundang maju kedepan dan menerima sertifikat/tanda kenangan buat seluruh ASM yang mengikuti kegiatan.  Bapak Kadep Koinonia di daulat untuk menyampaikannya di dalam peribadahan.

Sebanyak 162 orang ASM mengikuti kegiatan ini mulai dari acara pembukaan hingga ibadah puncak pada minggu exaudi hari ini. Mereka hadir dari sebelas huria yang mengutus. Dari empat belas gereja HKBP yang ada di Resort HKBP Bagan Batu ini, sebelas darinya hadir untuk mengikutinya mulai dari awal kegiatan hingga pada saat ibadah puncak, ketidak hadiran ketiga tempat pelayanan itu disebabkan oleh jauhnya jarak tempuh yang harus dilampaui oleh ASM serta tempat pelayanan yang masih Pospel dan belum memiliki peribadahan Sekolah Minggu secara khusus di gereja. Namun pada ibadah puncak seluruh huria hadir mengikutinya,  terang Pendeta Resort.


Kegembiraan ASM selama tiga hari ini (31 Mei-2 Juni) sangatlah luar biasa terang para guru Sekolah Minggu, mereka menikmati kebersamaan dengan para teman Sekolah Minggu yang telah mereka kenal dan teman yang baru mereka kenal. Selama tiga hari ini juga mereka bersama saat bermain dan tidur malam.

Selama tiga hari ASM mengikuti banyak kegiatan dan perlombaan antar gereja HKBP yang ada di Resort ini, diantaranya : Pajojorhon patik, menghafal ayat alkitab, bercerita tokoh di Alkitab, pesan berantai, marjalengkat dan terompah. ASM HKBP Resort Bagan Batu ini juga mendapatkan Pembekalan iman dari Bapak Pendeta melalui saat teduh, Pendalaman Alkitab dan bimbingan rohani. ASM juga mengikuti senam pagi dan makan bersama, hal yang luar biasa ialah ASM sudah diajarkan untuk memanfaatkan serta mempelengkapi diri sendiri dalam setiap hal. ASM harus membawa tempat minum sendiri selama kegiatan ini, sebab yang disediakan oleh gereja hanyalah air minum dan tidak menggunakan minuman gelas atau minuman botol.

Seusai ibadah puncak, seluruh jemaat dan ASM makan bersama dan panitia menyerahkan uang pembinaan kepada anak-anak agar lebih gigih dalam mendalami Firman Tuhan.


Ketua Panitia mengucapkan terimakasih kepada bapak Pimpinan HKBP atas kehadirannya membimbing dan membina seluruh ASM dan Guru Sekolah Minggu, bahkan pada seluruh orang tua yang memiliki anak-anak agar lebih lagi menanamkan Kasih Tuhan kedalam diri para kaula muda ini. Kiranya Tuhan memberkati pelayanan Pampinan HKBP agar banyak umat lebih dekat Kepada Tuhan melalui pelayanan bapak, lugas ibu C.St. A.M. br. Purba, S.Pd.

Pada bimbingan Pastoral yang di sampaikan Pdt. Martongo Sitinjak, ia mengatakan bahwa ada 4 rahasia manusia hidup di era modern ini, yaitu : Beriman, Berilmu, Bermoral dan Berkarya. Kiranya seluruh ASM dan Guru Sekolah Minggu juga Orang tua juga seluruh jemaat tetap Setia kepada Tuhan, Tuhan lah yang menyertai kita semua.

ASM dan seluruh jemaat kembali ketempatnya diberangkatkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP. (RH)












comments

  • tukuvuqik

    http://mewkid.net/order-amoxicillin/ - Online Amoxicillin <a href="http://mewkid.net/order-amoxicillin/">18</a> gwd.inff.hkbp.or.id.wtm.qx http://mewkid.net/order-amoxicillin/

  • efepekoevix

    http://mewkid.net/order-amoxicillin/ - Brand Amoxil <a href="http://mewkid.net/order-amoxicillin/">Amoxicillin</a> jzq.tmwv.hkbp.or.id.mev.pj http://mewkid.net/order-amoxicillin/

Leave a Reply