KEGIATAN PASTORAL COUNSELING HKBP

Kegiatan Pastoral Counseling: Klinis, Anak, dan Okultisme di Seminarium HKBP Sipoholon telah berlangsung selama dua hari. Di hari yang kedua ini, kegiatan dimulai dengan ibadah pagi yang dipimpin oleh Pdt. Damayanti Sinaga. Kemudian dilanjutkan dengan sesi yang dibawakan oleh Bapak Pdt. David Farrel Sibuea, M.Th, D.Min.





Beliau mengusung tema “Pentingnya Konseling Pastoral dalam Pelayanan Gereja” dengan mengatakan bahwa Pendeta bukanlah manusia sempurna yang dapat menyelesaikan dan menjawab segala masalah jemaat, namun harus mau menjadi pendamping dalam segala masalah. Oleh karena itu, konseling pastoral harus didasarkan dan berakar dalam tugas penggembalaan seorang pendeta sebagai reaksi terhadap tuntutan firman Allah di dalam kewajiban profesinya. 



Dalam melakukan konseling pastoral, Pendeta tidak boleh hanya menunggu jemaatnya untuk datang, tetapi harus bersedia menghampiri secara pastoral. Setiap peserta menunjukkan antusiasme sepanjang 4 (empat) sesi ini dengan memberikan respon dalam bentuk pertanyaan maupun tanggapan dari pengalaman pelayanannya masing-masing.



Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan ibadah malam yang dipimpin oleh Pdt. Verawati Pasaribu. Ibadah berlangsung dengan hikmat.