Kegiatan Pastoral Counseling HKBP hari ketiga

Kegiatan Pastoral Counseling: Klinis, Anak, dan Okultisme di Seminarium HKBP Sipoholon pada hari yang ketiga dibuka dengan ibadah pagi yang dipimpin oleh Pdt. Reny Nainggolan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi yang dibawakan oleh Bapak Pdt. Julius Simaremare, M.Th.



Dengan mengusung tema Pastoral Anak, beliau membawakan empat topik pembahasan, antara lain: Tanggung Jawab Gereja terhadap Anak, Mengenal Anak dan Pergumulannya, Pembinaan Anak di Era Digital, dan Program Kreatif Gereja terhadap Anak. Beliau menyebutkan bahwa tanggung jawab gereja terhadap anak bersifat ekosistem sehingga dibutuhkan relasi konstruktif dengan penyelenggara pendidikan formal dan informal, terutama di era di gital seperti sekarang ini. Gereja perlu hadir di dunia digital namun sekaligus juga berusaha menumbuhkan minat anak terhadap interaksi dengan dunia nyata.



Untuk itu, setiap pelayan gereja harus mempersiapkan program kreatif terkait pelayanan terhadap anak, menjangkau minat dan kegemaran positif anak, mempersiapkan dan meningkatkan keterampilan pendamping anak sesuai kemampuan gereja, membuka akses untuk mengetahui minat dan kegemaran aktual dari anak yang dapat difasilitasi gereja, mengikutsertakan anak dalam setiap gerakan gerejani agar semakin mengenal gerejanya, serta melihat peluang maupun tantangan dari pelayanan anak formal maupun informal. Seluruh rangkaian kegiatan ini ditutup dengan ibadah malam yang dipimpin oleh Pdt. Desmond Simorangkir.




Pustaka Digital