Laporan Women Pre-Assembly LWF Asia 07 Juni - 11 Juni 2023


Jakarta,01 Agustus 2023

Kepada: Ephorus HKBP

Pdt. Dr. Robinson Butarbutar

Cq. Kadep Koinonia HKBP

Pdt. Dr. Deonal Sinaga


Perihal: Laporan Telah Mengikuti Women Pre-Assembly LWF Asia dari tanggal 07 Juni s/d 11 Juni 2023

Lanjut tanggal 13 s/d 19 Juni 2023 pada Pre-Assembly LWF Asia

Dengan hormat,

Saya, Ev. Dra. Anita Gizelle Lubis, MBA, MA ingin menyampaikan laporan mengenai partisipasi saya dalam Pre-Assembly LWF Asia (Pra-Sidang LWF di wilayah Asia) yang berlangsung pada tanggal 07 – 11 Juni 2023 (Women Pre-Assembly LWF Asia ) dan pada tanggal 13 – 19 Juni 2023 (Pre-Assembly LWF Asia) di Selangor, Kuala Lumpur Malaysia (Sesuai dengan surat penugasan dari pucuk pimpinan HKBP).

Topik: Gender Justice

Selama kegiatan, banyak yang telah dilakukan LWF sesuai laporan kinerja LWF regional Asia khususnya dalam mengatasi dampak Covid-19, peningkatan pelayanan dan mendorong pendeta perempuan meningkatkan skill yang multi talenta menjadi pemimpin-pemimpin di semua lini pelayanan dan menjadi berkat bagi gereja, jemaat, masyarakat, bangsa dan negara dengan sepenuh hati. Rangkaian besar dari sidang LWF wilayah Asia ini adalah untuk membantu dan mempersiapkan para peserta untuk mengikuti Pre-Assembly LWF ke-13 di Krakow Polandia untuk berbagi peranan mereka dalam kancah global.

Sidang ini merupakan sebuah acara yang sangat bermakna bagi saya dan bagi Konferensi Perempuan HKBP, karena saya telah memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan-rekan dari berbagai gereja dan organisasi anggota LWF di wilayah Asia. Acara ini tidak hanya memberikan wawasan yang berharga tentang pelayanan yang sedang dilakukan oleh LWF di seluruh wilayah Asia, tetapi juga merupakan platform yang baik untuk berbagi pengalaman, ide, dan pemikiran terkait dengan berbagai isu sosial dan keagamaan yang penting. Diskusi hangat diperlihatkan dalam berbagi pemaparan refleksi kontekstual mengenai tema-tema terkini agar dapat menjadi masukan sebagai pokok-pokok pembicaraan di Assembly Poland.


Selama sidang, berbagai topik dan agenda dibahas dengan mendalam khususnya yang telah disampaikan melalui keynote speech oleh Sekjen LWF Rev. Dr. Anne Burghardt tentang OneBody, One Spirit, One Hope (Satu Tubuh, Satu Roh, Satu Harapan). Beberapa hasil diskusi dan keputusan yang diambil selama sidang sangat bermanfaat untuk pengembangan program-program di wilayah ini, antara lain:

Bantuan Kemanusiaan: Salah satu tujuan dapat menjadi memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan, seperti korban bencana alam, konflik, covid-19 atau situasi krisis lainnya di Asia serta memberikan pelatihan dalam program ekonomi inklusif.

Pemberdayaan Masyarakat: LWF berusaha untuk memperkuat masyarakat di Asia melalui program-program yang meningkatkan akses pendidikan, kesehatan, dan keberlanjutan ekonomi.

Pembangunan Berkelanjutan: Tujuan dalam pembicaraan LWF di Asia bisa mencakup mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut, termasuk upaya-upaya untuk menjaga lingkungan, memerangi perubahan iklim, dan meningkatkan ketahanan pangan.

Dialog Antar agama: LWF memiliki tujuan untuk mempromosikan dialog dan pemahamanan antar agama di Asia, dengan fokus pada perdamaian, toleransi, dan kerjasama antar umat beragama.

Pelayanan Gerejawi: Tujuan LWF juga dapat termasuk penguatan gereja-gereja di wilayah Asia melalui pelatihan, bimbingan, dan dukungan rohani lainnya. Terlebih-lebih, mendalami stigma perempuan dalam gereja suku yang berdampak pada minimnya peranan perempuan dalam pelayanan khususnya sebagai pendeta perempuan.

Kepemimpinan, Advokasi dan Keadilan Sosial: LWF berkomitmen untuk melakukan advokasi terhadap masalah-masalah sosial dan keadilan, termasuk hak asasi manusia, ketidaksetaraan gender,dan ketidakadilan di Asia.


Perlindungan Hak Asasi Manusia: Salah satu tujuan LWF di Asia adalah melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia, terutama yang terkait dengan masyarakat yang rentan dan terpinggirkan.


Saya sangat bersemangat untuk melanjutkan kolaborasi dan partisipasi aktif saya dalam inisiatif-inisiatif LWF di wilayah Asia menuju pada Sidang Raya LWF di Krakow Polandia. Saya yakin bahwa hasil-hasil dari sidang ini akan menjadi landasan yang kuat untuk kerjasama dan pencapaian tujuan bersama sebagai solusi global.


Demikianlah laporan saya mengenai Sidang LWF wilayah Asia. Saya siap untuk memberikan informasi lebih lanjut atau mengikuti tindak lanjut yang diperlukan.Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,





Ev. Dra. Anita Gizelle Lubis, MBA, MA (Ketua Konferensi Perempuan HKBP)


cc. Biro Parompuan HKBP

Pustaka Digital