Menghargai Hal-hal Kecil: Minggu ke-VII Setelah Trinitatis di HKBP Hutaraja Ugan, Distrik II Silindung

Minggu, 23 Juli 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP melayankan khotbah di HKBP Hutaraja Ugan, Resort Hutaraja Ugan, Distrik II Silindung. Saat ini HKBP Hutaraja Ugan dipimpin Pdt. Jekson Simanjuntak, S.Si. (Teol) dan Gr. Baringin Simanjuntak dibantu 8 orang sintua (3 orang diantaranya adalah sintua perempuan). Jumlah jemaatnya terdiri dari 130 KK yang dibagi ke dalam 5 lunggu (wijk). Setiap hari Kamis diadakan partangiangan lunggu secara simultan di 5 lunggu, 2 lunggu akan dipimpin masing-masing oleh pendeta dan guru huria, dan 3 lunggu lainnya akan dipimpin oleh sintua lingkungannya masing-masing.





Kebaktian Minggu dimulai pukul 10.00 WIB. Sebelum kebaktian Minggu ini dimulai punguan Ina menampilkan koor paduan suara di hadapan jemaat dalam rangka menggalang dana untuk keperluan Pesta Parheheon Ina saresort pada bulan Agustus 2023 yang akan datang. Warga jemaat pun secara bergotong royong memberikan donasinya ke dalam tempat yang telah disediakan.


Dalam khotbahnya, Pdt. Sinaga menyampaikan, bahwa dalam Injil Matius 13 Yesus memberikan pengajaran penting tentang Kerajaan Sorga. Dia ingin agar orang banyak yang datang mendengarkan-Nya benar-benar memahami apa yang Dia ajarkan. Bagi Yesus, perjumpaan dengan khalayak ramai itu sangat penting. Dia tidak ingin kesempatan ini berlalu begitu saja tanpa makna. Karena itu, Dia mengajarkan hal yang fundamental tentang Kerajaan Allah dengan cara terbaik dan paling mudah mereka pahami.

"Saudaraku, pengajaran Yesus ini, sungguh berharga untuk mengingatkan kita supaya: pertama, menghargai yang kecil. Jangan pernah sepele pada hal yang kecil. Karena sesungguhnya, sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil. Karena itu, kita diajak untuk menghormati, menghargai, mensyukuri, menjaga, dan merawat yang kecil. Jika Tuhan berkenan, itu bisa bertumbuh semakin besar dan banyak, bahkan menjadi sesuatu yang besar dan hebat," ujar Pdt. Sinaga. (DK-NXC)


Pustaka Digital