Minggu Jubilate di HKBP Hutahaean, Resort Laguboti Habinsaran, Distrik IV Toba: Pembangunan Rumah Dinas Pandita Resort

Minggu Jubilate, 30 April 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Hutahaean, Resort Laguboti Habinsaran - Hutahaean, Distrik IV Toba. Kebaktian ini dirangkai dengan pesta pembangunan rumah dinas pendeta resort. Pembangunan ini sudah berjalan sekitar 40% dari keseluruhan pembangunan. Namun terhenti karena dana yang masih belum memadai. Resort Laguboti Habinsaran – Hutahaean ini terdiri dari lima jemaat filial, yakni HKBP Hutahaean, HKBP Hutasalem, HKBP Sidulang, dan HKBP Sintongmarnipi Toruan. 


Kebaktian dimulai pukul 10.30 WIB, sedikit lebih lama dari biasanya karena kebaktian di jemaat-jemaat filial dimulai pukul 08.00 WIB, agar mereka dapat bergabung dalam kebaktian siang di HKBP Hutahaean. Pdt. Fajar Lubis, S.Th., sebagai pendeta resort bertugas sebagai liturgis, dan Pdt. Dr. Benny Sinaga, Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB) HKBP, bertugas sebagai pendoa syafaat. Kebaktian ini berlangsung di halaman gereja HKBP Hutahaean agar kapasitas tempat duduk dapat tercukupi. Sepanjang kebaktian berlangsung, ada lima paduan suara yang mengumandangkan nyanyian, yakni Koor Ina HKBP Sintongmarnipi, Koor Gabungan HKBP Sidulang, Koor Ina HKBP Sintongmarnipi Toruan, dan tiga koor dari tamu undangan, yakni Koor Ama HKBP Haunatas, Koor Ama HKBP Godung Laguboti, dan koor PPD IV Toba.


Sepanjang kebaktian berlangsung, jemaat dengan antusias mengikutinya dengan baik. Sekitar 500 orang jemaat mengikuti kebaktian ini, belum termasuk anak-anak sekolah minggu yang dibawa orang tuanya mengikuti kebaktian ini. Para tokoh yang diundang dan hadir dalam pesta pembangunan ini diantaranya, St. Fidel Hutahaean yang merupakan sintua juga di HKBP Duren Sawit, Distrik VIII DKI Jakarta, Bupati Toba yang diwakili Asisten I Bidang Kesra, Ketua STB-HKBP, PPD IV Toba. Ketua Pesta Pembangunan ini adalah Op. Pamela Hutahaean. Sedangkan Ketua Panitia Pembangunan adalah St. Binsar Hutahaean. 

Target dana yang diharapkan dari pesta pembangunan ini adalah 100 juta, dan target itu tercapai dengan terkumpulnya dana sekitar 122-an juta rupiah. Bentuk penggalangan dana yang dilakukan panitia adalah dengan menjual kupon untuk diundi, lelang makanan, dan ulos. Selain itu melalui inisiatif Kepala Departemen Koinonia HKBP, mengundang Pdt. Dr. Benny Sinaga dan pendeta resort bersama keluarga bernyanyi dan melelang lagu yang mereka nyanyikan tersebut, dan melalui lelang lagu ini berhasil mengumpulkan dana sebesar 21 juta lebih. Seluruh jemaat dengan tertib mengikuti semua rangkaian acara, termasuk pada saat makan siang bersama, seluruh jemaat dengan tertib dan penuh sukacita menikmatinya. 


Dalam khotbahnya, Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan bahwa Mazmur pasal 100 ini adalah ajakan bagi seluruh umat untuk datang beribadah kepada Tuhan. Umat manusia, pertama-tama umat Israel yang menjadi alamat seruan ini, yang bisa juga dipandang sebagai representasi umat manusia. Mereka yang tersebar di berbagai daerah, wilayah bahkan bangsa-bangsa diajak untuk datang ke rumah Tuhan. Mereka diharapkan datang berkumpul melakukan ibadah kepada Tuhan. Mazmur ini adalah ungkapan sukacita. Minggu jubilate adalah ajakan bersukacita di dalam Tuhan. Itu ditunjukkan dengan sorak-sorai dan ibadah kepada Tuhan Allah saja. Hanya satu alasan untuk beribadah dan bersukacita, yakni Allah. Allah-lah yang menjadi alasan beribadah dan bersorak-sorai. Bukan karena menang dalam peperangan atau hasil panen yang menggembirakan. Tetapi, hanya karena Allah.

HKBP Hutahaean ini sendiri telah berusia 135 tahun, terdiri dari 370 KK atau sekitar 1.100 jiwa. Jemaat ini dibagi ke dalam lima lunggu/lingkungan/wijk, yakni lunggu Hutatinggi, Lumban Dolok, Lumban Riaria, Simatibung Toruan, dan Simatibung Dolok. Kelima lunggu ini dilayani 12 orang sintua (empat orang diantaranya sintua perempuan). Para pelayan fulltime yang hadir dan memberikan donasi untuk pembangunan ini antara lain, Pdt. Fajar Lubis, Bvr. Lusiana Sitorus, Gr. Ramot Hutapea, Bvr. Maranata Hutasoit, Gr. Julius Manullang, Pdt. Lintong Sitorus (HKBP Godung Laguboti), Pdt. Heryanto Pakpahan (HKBP Haunatas), dan Pdt. Nixcon Simanungkalit. DK-NXC






Pustaka Digital