Pelatihan Pembuatan Wine Kepokh: Peluang Emas Pemanfaatan Hasil Alam Jemaat BNKP

Gunung Sitoli, 29 April 2023

Pisang kepok merupakan salah satu dari beragam hasil bumi yang melimpah di tanah Nias. Namun sayangnya kelimpahan pisang kepok tidak dibarengi dengan keragaman metode pengelolaan pisang kepok.

Oleh karena itulah badan sinode BNKP mencoba menambah metode pemanfaatan pisang kepok dengan mengundang Departemen Diakonia yang dipimpin oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga M.Th untuk melakukan kerjasama pembuatan wine pisang kepok.

Kerjasama ini sebenarnya sudah coba dijajaki sejak setahun lalu namun baru terealisasi tahun 2023. Ibu Kadep Diakonia bersama dengan Diak. Windah Maya Simbolon langsung turun tangan memberikan pelatihan pembuatan wine berbahan dasar pisang kepok.


Dalam pelatihan tersebut (29 April 2023), Diak. Windah Maya Simbolon membagi peserta yang berjumlah 30 orang menjadi 5 kelompok. Empat kelompok ditugaskan untuk membuat fermentasi wine berbahan dasar pisang kepok dan satu kelompok wine berbahan dasar anggur.



Wine berbahan dasar anggur ini dimaksudkan sebagai uji coba pembuatan wine anggur perjamuan kudus yang nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan jemaat dalam perjamuan kudus sehingga gereja-gereja BNKP tidak lagi kesulitan mendapatkan wine perjamuan kudus pada masa mendatang.


Dalam bimbingannya, Ephorus BNKP mengatakan kalau: wine berbahan dasar pisang merupakan sebuah trik yang diusahakan oleh BNKP untuk mengakomodasi kebiasaan warga masyarakat Nias yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol namun tanpa harus menyebabkan mereka mabuk karena alkohol. Tetapi selain itu pula, pembuatan wine juga menjadi cara pemanfaatan melimpahnya pisang kepok yang lebih beragam.

HKBP menjadi berkat bagi dunia