Pesta Perak HKBP Limo, Resort Cinere, Distrik XXVIII Deboskab

Minggu, 29 September 2024, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah pada Ibadah Minggu ke XVIII setelah Trinitatis sekaligus Pesta Perak HKBP Limo, Resort Cinere, Distrik XXVIII Deboskab. HKBP Limo berada di Kecamatan Limo, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat dan dapat ditempuh dalam 20 menit perjalanan dari pusat kota Depok. HKBP Limo yang terdiri atas 160 KK dilayani oleh Pdt. Herbert Hutagalung, M.Th., sebagai pimpinan jemaat dan Pdt. Rahmat Lumbantobing sebagai Pendeta HKBP Resort Cinere. 



HKBP Limo berdiri pada tahun 1999 di Gang Bunga Nauli di Kecamatan Limo yang pada saat itu bangunannya masih semi permanen yang temboknya masih berupa papan dan kayu. Dalam sejarah perjalanannya, HKBP Limo sempat berpindah-pindah tempat, mulai dari berpindah ke Gedung Sekolah Minggu yang berada di Tanah Kavlingan PT. Sabar Ganda, kemudian berpindah dengan meminjam Gedung Gereja GKPJB di Komplek Marinir dan akhirnya berpindah lokasi setelah mendapat lahan di Kavlingan Jalan Benda Limo sampai sekarang. Sampai saat ini, kondisi Gedung Gereja HKBP Limo masih seperti bentuk rumah biasa, tanah sudah bersertifikat, namun proses pembangunan gedung gereja masih menunggu proses keluarnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan pengumpulan dana pembangunan yang targetnya sebesar 700 juta, namun sampai saat ini yang terkumpul masih sebesar 200 juta dan pengumpulan dana pembangunan direncanakan melalui toktok ripe jemaat, celengan, bazar panitia dan donatur.


Ibadah dan perayaan hari jadi HKBP Limo yang ke – 25 tahun tersebut dilaksanakan di dalam gedung gereja yang terisi penuh dengan hadirnya seluruh jemaat dan undangan. Selain Kepala Departemen Koinonia, Pendeta HKBP Resort Cinere dan Pimpinan Jemaat HKBP Limo, ibadah minggu dan perayaan tersebut juga dihadiri oleh Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab yaitu Pdt. Nekson Simanjuntak dan Pdt. Ligat Simbolon selaku Kepala Bidang Koinonia HKBP Distrik XXVIII Deboskab dan Pdt. Elisa Siahaan yang juga melayani di Resort Cinere. 


Sebelum ibadah dimulai, dilaksanakan acara pengalungan dan penyerahan bunga serta acara pelepasan burung merpati yang dilakukan oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pendeta HKBP Resort Cinere dan Pimpinan Jemaat HKBP Limo. Seluruh rangkaian acara ibadah dan perayaan pesta perak HKBP Limo berjalan dengan lancar dan damai di bawah kepengurusan Ketua Panitia Perayaan Pesta Perak HKBP Limo, Amang Reynold P. Sitompul. 



Dalam khotbahnya, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyampaikan jikalau kita percaya pada pertolongan Tuhan, semua akan mengalir indah seperti air mengalir dari dataran tinggi sampai ke tujuan. Sekalipun banyak rintangan, namun semuanya itu akan dilalui dengan tenang karena sesungguhnya Tuhan adalah pencipta langit, bumi dan segala isinya. Dia adalah yang maha kuasa dan maha kasih yang cinta akan ciptaanNya dan senang akan karyaNya yang menakjubkan. Dia ingin memelihara setiap ciptaanNya dan Dia setia untuk menjaga seluruh ciptaanNya. Maka dari itu, kita patut mensyukuri kebaikan Allah yang tak terhitung di dalam hidup ini. Marilah kita melangkah dengan yakin, melangkah bersama Tuhan dan melangkah dengan keyakinan bahwa Tuhan. Melangkah dengan yakin bahwa pertolongan kita adalah di dalam nama Tuhan. Maka perjalanan kehidupan kita di dunia ini adalah perjalanan yang berkenan di hati Tuhan. (DK-JDS)

Pustaka Digital