Renungan Harian HKBP | 25 September 2023

Bapak, ibu, dan saudara-saudara yang terkasih, sebelum kita melakukan aktivitas kita hari ini, mari kita membekali diri kita terlebih dahulu dengan firman Tuhan. Marilah kita berdoa!

 

Doa Pembuka: Allah Bapa yang kami kenal di dalam Kristus Yesus, yang menjaga dan menuntun kami di dalam Roh Kudus. Kami berterima kasih atas berkat nafas kehidupan dan hari yang baru. Bekali kami dengan Firman-Mu, agar kami mampu menjalani hari ini dengan baik. Ajarlah kami mengerti dan menghidupi firman-Mu dalam kehidupan kami. Demi Kristus, kami berdoa. Amin.

 

Bapak, ibu, dan saudara-saudara yang terkasih, renungan bagi kita pada hari ini tertulis dalam Mazmur 91: 16, beginilah firman Tuhan:

Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku." demikianlah firman Tuhan.

Bapak, ibu, dan saudara-saudara yang dikasihi Tuhan, firman Tuhan hari ini adalah sebuah janji yang disampaikan Tuhan bagi orang yang mengandalkan-Nya. Pasal ini adalah sebuah ungkapan kagum dan syukur dari seseorang yang tinggal dalam perlindungan Allah. Dan dari ayat 14-16, kita bisa melihat janji dan harapan yang Tuhan sampaikan bagi siapa saja yang dekat dan mengandalkan Tuhan.

          Hal yang unik pada ayat 16 adalah kita dikenyangkan bukan dengan makanan, melainkan dengan umur panjang. Tuhan justru memberikan yang lebih baik dari apa yang diharapkan logika manusia. Tuhan pun menunjukkan bagaimana kita diselamatkan. Inilah janji Tuhan jika kita mengandalkan Dia.  

          Pertanyaannya adalah apakah kita sudah mengandalkan Tuhan atau masih mengandalkan kekuatan kita sendiri. Terkadang adakalanya ketika kita merasa hebat dan mengandalkan kekuatan kita sendiri. Kita lupa bahwa kekuatan yang ada dalam diri kita pun adalah pemberian dari Tuhan. Tuhanlah yang memiliki hak atas kita. Adalah sebuah kesia-sian jika kita merasa mampu hidup dengan mengandalkan diri kita sendiri.

Seorang pengusaha kaya yang berusaha dengan tenaganya sendiri mengumpulkan hartanya akan sia-sia usahanya jika Tuhan tak memberinya umur yang panjang. Kekayaannya hanya akan menjadi logam berkarat dan hancur sia-sia tanpa bisa ia nikmati. Namun, di saat kita mengandalkan Sang Pemilik Kehidupan. Kita akan selalu diberkati. Bahkan Ia akan memberikan hal yang melampaui harapan kita.

          Kekuatan dan keselamatan kita hanyalah dari Tuhan saja. Kita tidak boleh sombong atas apa yang telah kita capai saat ini. Karena bahkan nafas kehidupan kita sehari-hari pun, bukan milik kita, melainkan milik Allah, Pencipta kita. Kini mari mengandalkan-Nya agar kita mampu menjalani hari-hari kita dengan lebih baik. Tenang saja. Tuhan pasti akan selalu memberikan apa yang kita butuhkan, bahkan melebihi itu. Dia selalu menepati janji-Nya. Amin.

Doa Penutup: Bapa di dalam Sorga, kami bersyukur karena Engkau selalu memberkati kami dengan banyak hal dalam hidup kami. Hari ini kami belajar bagaimana kami harus hidup, yaitu dengan mengandalkan-Mu. Dengan selalu percaya pada-Mu dan mengandalkan-Mu, kami yakin bahwa Tuhan selalu mencukupkan kami, bahkan memberi kami lebih. Tuhan Yesus, Penjaga kehidupan kami, ajar kami selalu mengingat bahwa kami tak akan mampu hidup tanpa kasih-Mu. Ingatkan kami selalu untuk mengandalkan Engkau dalam setiap liku kehidupan kami. Ajar kami mengingat bahwa setiap langkah hidup kami, Engkau selalu menjaga dan mengawasinya. Allah Roh Kudus, Penguat dan penghibur jiwa kami, ingatkanlah kami untuk selalu mengandalkan Sang Pemilik kehidupan kami agar kami tidak menjadi sombong atas apa yang sebenarnya bukan milik kami. Kami serahkan kehidupan kami ini ke dalam tangan pengasihan-Mu. Demi Kristus kami berdoa. Amin.


C.Pdt. Maranata Nainggolan, S.Si (Teol) – Melayani di Biro SMIRNA HKBP

Pustaka Digital