Resmikan Rumah Dinas Distrik Dairi, Sekjend HKBP: Rumah adalah simbol perlindungan Tuhan


SIDIKALANG, hkbp.or.id - Pembangunan Rumah Dinas Praeses Distrik Dairi yang dimulai sejak tahun 2019 dan sempat tertunda akibat dampak Covid-19 akhirnya selesai pada Desember 2022 dan diresmikan oleh Sekretaris Jenderal HKBP pada 28 Januari 2023 (28/01/2023).


Panitia pembangunan diketuai oleh Pdt. Games Purba (Ketua Umum) dan St. Mangara Tua Sitinjak (Ketua Pelaksana). Biaya pembangunan rumah dinas diperoleh dari gerakan Rp10.000 seluruh jemaat HKBP Distrik Dairi, kontribusi setiap resort, dan donasi perorangan baik berupa dana maupun material bangunan.


Dalam ibadah peresmian, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan khotbah yang berdasar kepada Kitab Mazmur 62: 6-9 (terjemahan Batak Toba). Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan "Tuhan memakai pemazmur saat ini untuk menerangkan kepada kita bagaimana cara berfokus kepada Tuhan di tengah banyaknya tantangan dan kesulitan dalam kehidupan," terang Pdt. Tinambunan


Di tengah banyaknya tantangan dan kesulitan dalam kehidupan, berfokus kepada Tuhan membuat kita menjadi sukacita, semangat, berenergi, dan berpengharapan kepada Tuhan karena Dialah gunung batu bagi kita.

"Rumah menjadi simbol perlindungan Tuhan bagi kita, seperti pemazmur yang dilindungi oleh Tuhan," ungkap Pdt. Tinambunan.


Rumah bagi para pelayan HKBP apalagi Praeses merupakan tempat yang penuh dengan sukacita sekaligus pergumulan. 

"Rumah Praeses akan selalu terbuka bagi siapa saja yang datang menyampaikan aspirasinya. Beragam aspirasi tersebut bisa mendatangkan sukacita atau pergumulan namun seperti Tuhan melindungi pemazmur, Amang Praeses dan seluruh keluarga beserta siapa saja yang masuk dan keluar dari rumah ini juga akan selalu dilindungi oleh Tuhan," tutup Pdt. Tinambunan.


Ibadah dilayani oleh Praeses HKBP Distrik Dairi, Pdt. Sampur Manullang sebagai Liturgis dan beberapa pelayan penuh waktu sebagai tim musik pengiring.

Setelah ibadah peresmian diadakan acara makan bersama dan menyematkan ulos kehormatan kepada para perwakilan resort di seluruh Distrik Dairi. (SKS-NS)