"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Sekjend HKBP: "Firman Allah, Pasti Berdampak Baik Bagi Kita"

SITABOTABO, hkbp.or.id - Memasuki Minggu Septuagesima, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkhotbah di HKBP Sitabotabo Resort Siborongborong (13/2/2022). Gereja ini dilayani oleh Gr. Masnarita Rajagukguk dan berada di jalan Lintas Sumatera sekitar 30 menit dari Tarutung ke arah Siborongborong. Jemaat ini sudah berusia 117 tahun. 


Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan didasari pada Kitab Yeremia 17: 5-10 yang menggambarkan dua kondisi manusia, yaitu yang terkutuk dan yang terberkati.

Mengawali khotbahnya, Pdt. Tinambunan mengajak warga jemaat untuk bersama-sama mengenali Firman Allah. 

"Bila Allah berfirman, maka demikianlah yang pasti terjadi. Kita menjadi orang yang terberkati karena kita mengandalkan Tuhan," terang Pdt. Tinambunan.


Menyoroti perilaku manusia yang kerap mengandalkan kekuatan sendiri, terutama pada masa pandemi saat ini, Pdt. Tinambunan menekankan bahwa sebaliknya, semestinya manusia mengucap syukur kepada Tuhan karena pertolongan Tuhanlah yang membuat kita bisa bertahan melalui pandemi sampai saat ini.


Menyapa warga jemaat yang mengikuti ibadah melalui Live Streaming, Pdt. Tinambunan berkisah tentang perantau yang datang pulang kampung. Kisah tersebut mengundang gelak tawa warga jemaat (kisah tersebut dapat didengar ulang melalui kanal YouTube HKBP).

Orang yang terberkati melakukan 3M, kata Pdt. Tinambunan menyebutkan, yaitu: Martangiang (Berdoa), Marsiajar (Belajar), dan Mangula (Bekerja). Semuanya dilakukan dengan sebaik-baiknya, kata Pdt. Tinambunan mengakhiri khotbahnya.

Setelah ibadah, Pdt. Tinambunan dan Ibu berfoto bersama majelis dan warga jemaat.


Kunjungan pastoral ke HKBP Sitabotabo berawal dari perjalan dinas Pdt. Tinambunan ke Sulawesi Utara.

Pada waktu sidang MPL PGI di Tahuna, Sangihe, Sulawesi Utara (27-31 Jan 2022), Pdt. Tinambunan bertemu dengan anak rantau HKBP Sitabotabo yaitu Panal Nababan yang menyampaikan kerinduan jemaat Sitabotabo akan kunjungan Pimpinan HKBP.

Ibadah tersebut ditayangkan secara Live Streaming oleh Biro TIK HKBP di kanal YouTube HKBP (klik di sini) supaya dapat diikuti oleh siapa saja dari manapun dan juga untuk mengobati kerinduan anak rantau HKBP Sitabotabo.

(SKS-NS)

Pustaka Digital