"Asa tung ditanda hamu, Ahu do Jahowa, ia dung Hubahen tu hamu hombar tu goarHu, ndada hombar tu dalanmuna angka na jahat i, jala ndada hombar tu pambahenanmuna angka na busuk i, hamu ale pinompar ni Israel, ninna Tuhan Jahowa.

Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada masa Aku, oleh karena nama-Ku, tidak memperlakukan kamu selaras dengan tingkah lakumu yang jahat dan yang busuk, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Hesekiel 20: 44

Sosialisasi Kemitraan HKBP 2019: “Enjoy Partnership: Nikmati Kemitraan”

 

Selama dua hari, Selasa – Rabu (26/3 - 27/3), akan berlangsun Sosialisasi Kemitraan HKBP 2019 di Perkampungan Bibelvrouw Pensiun Eben Ezer Sinaksak. Kegiatan ini merupakan bagian dari program tahunan Sekretaris Mitra HKBP. Pada tahun sosialisasi kemitraan HKBP 2019 ini, akan membahas Hasil Konferensi  Kemitraan 2017, Usulan Revisi Buku Pedoman Pengelolaan Kemitraan 2005 dan Evaluasi Hasil Konsultasi Kemitraan 2015 (setelah 5 tahun berjalan).

Acara diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Kadep Marturia Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan dengan mengambil dari Efesus 6:10-20 dengan menekankan di ayat 16. Kadep Marturia menyampaikan kita menyadari bahwa dalam kemitraan kita mengalami pergumulan. Besar kecilnya pergumulan itu tergantung bagaimana kita menghadapinya. Utnuk itu, tetap menggunakan perlengkapan iman, terutama iman kepada Yesus Kristus. Di dalam iman, maka akan tercipta hubungan yang baik terutama dalam kemitraan ini. Kadep Marturia juga menyampaikan, selama dua hari ini agar membangun semangat kemitraan lebih baik lagi. Marilah kita melakukan kerja nyata dalam dua hari ini berdasarkan iman yang teguh dalam Yesus Kristus Tuhan kita. Demikian kotbah Kadep Marturia.

Usai ibadah, ucapan selamat datang, bimbingan dan arahan dari penanggungjawab Kemitraan HKBP oleh Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, MTh, DMin. Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal mengucapkan selamat datang kepada peserta yang terdiri dari Praeses dan Badan Pengurus Mitra (BPM) Distrik, Ketua Sekolah Tinggi Diakones Balige, Pimpinan Perkampungan Bibelvrouw Pensiun Ebenezer Sinaksak dan RS HKBP Balige. Sekjend menyampaikan, bahwa tidak akan mungkin kemitraan dapat berjalan dengan baik apabila pertanggungjawaban dan laporan dari mitra-mitra di distrik dan lembaga tidak baik. Buku Pedoman Pengelolaan Kemitraan juga sudah perlu direvisi karena sudah mulai dari tahun 2005 belum direvisi. Sesuai dengan Buku Pedoman Kemitraan seharusnya dalam satu kali empat tahun dapat direvisi. Sekjend menambahkan, sebagai dasar pedoman kita adalah Notulen hasil sosialisasi di Kantor Distrik X Medan Aceh dan di Gedung Raja Pontas HKBP Pearaja Tarutung 2018. Juga mengenai kepengurusan di distrik sudah bisa juga untuk direvisi. Diakhir sambutannya, Sekjend menyampaikan bahwa semuanya adalah soal kepercayaan yang kita tunjukkan dalam kerja-kerja kita yang bertanggungjawab.

Selama dua hari ini, sessi demi sessi akan disampaikan oleh Ompui Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Deputi Eksekutif UEM Asia Pdt. Petrus Sugito, Kepala Departemen Diakonia Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh. Tentu, melalui pertemuan ini akan diambi sebuah hasil Sosialisasi Konfrensi Kemitraan dan Informasi Awal Konsultasi Kemitraan 2020 di Jerman.

Ada tujuh Disrik dan tiga lembaga yang memiliki hubungan kemitraan dengan enak distrik dan satu ressort di Jerman:

  1. Distrik II Silindung dengan Distrik Koeln Sud
  2. Distrik III Humbang dengan Distrik Krefeld Viersen
  3. Distrik VI Dairi dengan Distrik An der Agger
  4. Distrik VII Samosir dengan Distrik Ober - Haussen
  5. Distrik X Medan – Aceh dengan Distrik An der Agger
  6. Distrik XVI Humbang Habinsaran dengan Distrik Aachen dan Distrik Tanzania
  7. Distrik XI Toba Hasundutan dengan Distrik Luedencheid - Plettenberg
  8. Pendidikan Diakones dengan Distrik Luedencheid – Plettenberg
  9. Rumah Sakit HKBP Balige dengan Distrik Koeln Sud.
  10. Perkampungan Bibelvrouw Pensiun Eben Eser dengan Niederkassel

HKBP membangun kemitraan yang baik. Mari kita dukung dan doakan.

comments

Leave a Reply

Pustaka Digital