Warga Jemaat HKBP Haunatas bersukacita Rayakan Pesta Paskah bersama Kadep Marturia HKBP.


Warga jemaat beserta pelayan HKBP Resort Haunatas Distrik IV Toba bersukacita merayakan ibadah Pesta Paskah hari Kebangkitan Tuhan Yesus yang dilayani Kadep Marturia HKBP Pdt. Daniel Taruli Harahap, MTh sebagai Pemberita Firman dan Pdt. Heryanto Pakpahan sebagai liturgis di gereja HKBP Haunatas, Minggu (9/4/2023). Kadep Marturia dalam khotbahnya mengatakan bahwa kebangkitan Yesus adalah dasar iman kita. Hidup kita berpusat kepada Yesus, maka pikiran, semangat hidup kita berpusat pada Kristus. Melalui baptisan kudus, diingatkan kita satu dalam kematian dan kebangkitan Kristus. Jika kita mengingat Jumat Agung, Yesus yang mati membawa pemahaman bahwa itu berdampak pada semua dunia. Yesus mati sekali, tidak berulang ulang. Pekerjaan Yesus sudah sempurna. Jangan hidup dalam keberdosaan lagi. Ibaratnya "Ceraikan diri kita dari kejahatan". Ibarat ada orang sudah berumah tangga tetapi hatinya kepada mantan pacarnya maka itu adalah selingkuh. Jadi hidup kekristenan kita jangan selingkuh lagi, jangan berhubungan lagi dengan dosa itu. Mari kita jauhkan Hidup dari dosa dan kejahatan. Dalam renungan Kolose 3:1-4 ada beberapa pokok intisari khotbah ini:

1. Hidup kita mari meninggalkan dosa. Jangan lagi diberikan kepada kuasa dosa. Itulah makna kematian Yesus disalib. Peringatan kematian Yesus, mengingatkan bahwa kita sudah mati bersama Kristus. Kita sudah disematkan dari kegelapan dosa, jangan kembali kepada kegelapan itu.

2. Kita dibangkitkan bersama Kristus, mari kita hidupi yang baik bersumber dari Allah. Mari kita perhatikan yang dari atas misalnya: damai, Sukacita, kasih, hidup baru, dan kebahagiaan. Kekristenan kita tidak berdasar hanya abstrak. Tetapi pusat kekristenan kita yaitu Kristus yang mati dan dibangkitkan Allah. Paskah bukan hanya mengenang 2000 tahun lalu, tetapi Paskah kita maknai Allah menunjukkan kuasaNya. Dia pemilik Hidup ini, Dia pemilik kerajaan. Jika Yesus bangkit, kita juga dibangkitkan bersama Kristus.

3. Hidup kita jangan berputus asa. Orang yang berjumpa dengan Yesus hidupnya pasti bangkit. Tidak putus asa terus menerus. Tidak berfokus hanya kepada penderitaan. Mari dengan Paskah bangkitlah iman kita, bangkit semangat hidup. Paskah bukan hanya Seremonial, jangan berpikir hidup kami begini begini saja. Mari menangkan penderitaan. Seperti dikatakan orang Jepang, 7x jatuh harus 8x bangkit. Yesus itu mati 1x, bangkit 1x. Namun selagi hidup kita bisa saja jatuh lagi. Sebagai tanda kita sudah berjumpa dengan Yesus, jangan putus asa. Keputusasaan adalah dosa besar. Jangan mau putus asa. Mari tetap bangkitkan kehidupan kita dalam semangat bersama Kristus. Selamat Paskah.


Pendeta Resort HKBP Haunatas Pdt. Heryanto Pakpahan mengatakan, bukan hanya warga jemaat dan pelayan HKBP Haunatas bersukacita, bahkan seluruh daerah sekitar Haunatas merasa terberkati dengan hadirnya Kadep Marturia Pdt. Daniel Harahap, Istri Kadep Martha Saulina Siegar, Pdt. Esron Siregar, STh  dan Holong Panggabean merayakan Pesta Paskah di HKBP Haunatas. Taruli pasupasu ma luat Haunatas, di haroro ni amang Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th. di Ari sadarion Minggu 9 April 2023 di Pesta Paskah I. Mangkobasi parmingguon di HKBP Haunatas Ressort Haunatas pasahathon jamita” sebut Pdt Heryanto di lama Facebook-nya.


Sudah menjadi tradisi di HKBP sejak lama, tetapi terhenti beberapa saat karena Covid 19 kebiasaan baik perlu kembali digalakkan yaitu bersalaman. Setelah ibadah, warga pulang dengan tertib sambil bersalaman di pintu keluar gereja dengan pendeta yang melayani Kadep Marturia Pdt. Daniel Harahap dan pendeta resort Pdt. Heryanto Pakpahan. Di laman FB Daniel Taruli Harahap yang dikirim ke group HKBP dalam berita mengatakan, “Horas Amang/inang. Yang di bonapasogit dan perantauan. Yang rindu ke Haunatas. Yang rindu melihat HKBP Haunatas. Yang punya kisah di Haunatas. Yang punya kenangan dengan Haunatas. Lihatlah HKBP Haunatas sudah berdiri 136 tahun. Namun dinding dan atapnya sudah pudar. Mohon doakan Pembangunan Gereja HKBP Haunatas (Pengecatan dinding Gereja, dan perbaikan juga pengecatan atap gereja HKBP Haunatas). Mohon doakan bapak/ibu terkasih, saudara/i sekalian agar terlaksana pada waktu dekat ini”. (Pdt. Heryanto. P/ P. Sam – B’TIK)