Berbagi untuk Saling Mengasihi

(Jatisampurna, 03/09/2023) "Lebih baik memberi ketimbang menerima", demikianlah Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh mengawali khotbahnya di HKBP Jatisampurna, Ress. Jatisampurna, Distrik Bekasi pada hari Minggu, 03 September 2023. Namun sekalipun demikian tidak sedikit orang memilih tidak memberi karena khawatir kalau apa yang diberikannya akan mengurangi apa yang dimilikinya. Hal ini membuat mereka memilih menunggu agar mereka lebih mapan atau kaya untuk dapat memberi. 


Jemaat Makedonia menjadi contoh yang diajukan Rasul Paulus untuk menunjukkan kalau memberi tidak harus menunggu mapan atau berkecukupan. Sekalipun mereka belum dapat dikatakan berkecukupan apalagi berkelimpahan, mereka menunjukkan kepedulian mereka kepada saudara/i yang ada di kota Yerusalem. Teladan baik yang diperlihatkan jemaat Makedonia inilah yang dipakai Rasul Paulus untuk menasihatkan jemaat Korintus yang lambat dalam berbagi sekalipun mereka lebih berkecukupan.  "Kesediaan memberi menunjukkan iman percaya kepada Allah bahwa kita percaya Allah mencukupkan kebutuhan kita. Kesediaan memberi menunjukkan kepedulian terhadap sesama kita manusia", pungkas Ibu Kadep Diakonia mengakhiri khotbahnya. 



Selepas ibadah, Ibu Kadep Diakonia melakukan diskusi pastoral dengan Pdt. Ressort, Bpk. Pdt. Helbin Bancin bersama seluruh fulltimer yang ada di HKBP Jatisampurna, Ress. Jatisampurna.


Pustaka Digital