Hari Kedua Rapat Praeses, Bahas Informasi Pimpinan dan Laporan Praeses


Setelah Rapat Praeses resmi dibuka oleh Ephorus HKBP Kamis malam (27/2), hari ini Jumat (28/2) Rapat Praeses akan membahas Informasi Pimpinan. Kegiatan diawali dengan Ibadah Pdt Renova Sitorus STh yang dalam kotbahnya yang diambil dari Kisal 13:47 menyampaikan bahwa ada symbol-simbol yang dipakai untuk menggugah hati kita. Seperti patung Liberty yang ada di AS yang menandakan perdamaian. Orang yang melihat symbol tersebut akan mengingat bahwa indahnya perdamaian dalam hidup kita dan penerang yang dipegang oleh patung tersebut menjadi peringatan bahwa hidup kita adalah terang. Tuhan memberi misi kepada stiap manusia agar manusia menjalankan misi itu dalam hidupnya. Kita sering gagal menjalankan misi dalam hidup ini karena kita lebih sering mengandalkan misi kita daripada misi Tuhan. Tahun ini, kita memasuki orientasi tahun Penginjilan. Apa momentum yang dapat kita buat di tahun ini. Apa yang akan kita buat di perjalanan hidup kita yang dapat menjadi sejarah. Nas ini mengingatkan kita  bahwa hidup kita adalah terang kepada semua orang dan dunia. Melui Rapat Praese ini banyak harapan jemaat terutama tentang pengembangan pelayanan di HKBP, untuk itu mari kita gumuli, kita bicarakan dan kita bahas untuk pengembangan pelayanan HKBP. Doa syafaat dibawakan oleh Pdt Bernad Manik, MTh.


Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam Informasi Pelayannya menyampaikan beberapa pokok pelayanan antara lain: informasi jalannya Rapat Pendeta HKBP 21-24 Oktober 2019, Orientasi Pelayanan Tahun 2020: Pelayanan Zending yang akan diadakan kursus pelayan Zending dari tengah-tengah pelayan di HKBP, akan juga diadakan pesta sarune. Ephorus juga menyampaikan telah dilaksnakannya Konsultasi Nasional Asset. Konas ini diadakan karena  masih ada asset HKBP yang belum terdaftar di Buku Bolon Pusat baik dari huria, ressort dan distrik dan juga masih banyak tanah dan bangunan HKBP yang belum disertifikatkan. Ini mejadi perhatin untuk membenah dalam mendaftarkan asset HKBP baik tanah, bangunan dan lain-lain. Seandainya ada persoalan hukum dalam kepemilikan, ini menjadi kekuatan.

Ephorus juga menyampaikan informasi tentang keadaan RSU Tarutung. Ephorus menyampaikan ada berita-berita yang mengatakan sepertinya HKBP yang merebut tanah RSU Tarutung. "Kita tidak merebut kepemilikan tanah tapi karena itu milik kita berdasarkan dokumen-dokumen yang ada pada kita". Ephorus menyampaikan bahwa sangat berharga pemberian yang diberikan jemaat kepada gereja. "Pastilah yang memberikan itu di dalam iman seperti memberi persembahan. Kelemahan kita adalah kita tidak menjaga atau memperdulikannya. Beberapa periode kita tidak memperhatikannya". Ephorus juga menyampaikan pentingnya Statistik dan berich dari jemaat, ressort dan distrik  disampaikan ke Pusat dan juga yang berhubungan dengan Sinode godang akan diadakan bulan Oktober 2020 yang akan dihadiri oleh Ulrich Moeller dari Westphalia Jerman.

Dalam Informasi dari Sekretaris Jenderal, Pdt David Farel Sibuea MTh DMin menyampaikan tentang pelaksanaan mutasi, Dana Pensiun dan juga tentang keuangan HKBP yang dibacakan oleh Bendahara Umum dan juga keadaan Pembangunan Sopo Nommensen dan setoran dari Distrik.

Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak dalam Informasi pelayanannya menyampaikan kegiatan oikumenis baik dalam maupun luar negeri, DVD Nyanyian Buku Ende Sekolah Minggu HKBP dan Konferensi Perempun HKBP yang akan diadakan tahun ini.

Kepala Departemen Marturia Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan menyampaikan telah berlangsung Pelatihan Pastoral, penerbitan Buletin Soara Marturia, renovasi Gedung NCC, strategi penginjilan HKBP, Bantuan alat music (keyboard).

Kepala Departemen Diakonia dalam informasinya menyampaikan tentang keadaan kepersonaliaan di Departemen Diakonia, kegiatan Konas Diakonia yang sudah berjalan 13-15 Pebruari 2019, RBT Peduli Kasih Diakonia, Study Banding pelayan di Departemen Diakonia dan pengembangan Departeman Diakonia.

Usai Informasi dari Piminan, acara dilanjutkan dengan tanggapan dan masukan dari Praeses dan Laporan Pelayanan Praeses.


comments

Leave a Reply

Pustaka Digital