"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Ibadah Penguatan Keluarga Korban & Penyintas Covid-19

Pandemi Covid-19 membawa pergumulan dan kesusahan bagi masyarakat global, khususnya pada warga jemaat HKBP. Sejak Maret 2020, ribuan jemaat terpapar dan ratusan orang warga HKBP meninggal dunia karena Covid-19. Peristiwa itu meninggalkan kesedihan bagi keluarga yang mengalami kemalangan.  

St. Bonatua Pasaribu, penatua HKBP Pangururan Kota, Distrik VII Samosir menyaksikan kepiluan hatinya akibat istrinya meninggal karena Covid-19. Demikian Master Siregar, warga HKBP Ujung Menteng, Distrik VIII DKI Jakarta mengungkapkan kesedihannya karena anaknya meninggal dunia karena Covid-19. Kesaksian itu diperdengarkan pada ibadah penguatan keluarga korban dan penyintas Covid-19 yang diselenggarakan Kantor Pusat HKBP secara semi virtual (17/11/2021).



Pimpinan menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk wujud kepedulian HKBP kepada warganya. Ibadah dilayankan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M. Th dan Pdt. Susi Hutabarat, S. Th sebagai liturgis. Doa syafaat dibawakan Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Peneguhan melalui khotbah disampaikan Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar.




Ompu i Ephorus dari Gedung Raja Pontas Lumbantobing menyampaikan khotbahnya yang menekankan tentang teologi salib yaitu Allah menanggung dan turut memikul pergumulan dan kesusahan umat-Nya. Karena itu, setiap orang percaya hidup dengan bersyukur dan memuji Allah. "Tidak seorang pun warga HKBP yang menyianyiakan keturutsertaan Allah dalam memikul penderitaan umat-Nya. Hendaklah warga HKBP senantiasa setia menjalankan protokol kesehatan dan berpartisipasi mensukseskan vaksinasi agar warga HKBP terbebas dari ancaman Covid-19 gelombang ke empat," ungkap Ephorus.


Pdt. Sarinah Simanullang, S. Th mewakili penyintas Covid-19 menyebutkan: pandemi Covid-19 menimbulkan rasa takut bagi seluruh masyarakat. Beliau juga mengajak semua untuk menjaga kesehatan dan berterima kasih kepada pimpinan, khususnya pada Ompu i Ephorus yang selalu menguatkan seluruh warga yang terpapar Covid-19.


Demikian juga Praeses HKBP Distrik II Silindung sangat mengapresiasi pelayanan dan gerakan yang dilakukan Ompu i Ephorus dalam menghentikan penyebaran Covid-19 lewat seruan menjalankan protokol kesehatan dan penyuksesan vaksinasi kepada warga HKBP dan masyarakat.


(B-TIK)

Pustaka Digital