Ka. Dep. Koinonia Merayakan Jumat Agung di HKBP Pintu Bosi - Onan Ganjang


Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah dan Perjamuan Kudus di HKBP Pintu Bosi – Onan Ganjang pada perayaan Jumat Agung, 02 April 2021. Rombongan berangkat dari Tarutung pukul 09.00 WIB, suasana pagi masih cerah. Tiba di kompleks gereja HKBP Pintu Bosi – Onan Ganjang sekitar pukul 10.30 WIB, bertepatan dengan selesainya  kebaktian pukul 08.00 WIB, cuaca sudah mendung. Namun, Pdt. Tiarma Dewita Sibarani, S.Th., sebagai pendeta ressort menyambut kedatangan Ka. Dep. Koinonia dengan hangat dan mempersilahkan masuk ke dalam rumah dinas pendeta ressort sembari menunggu jam kebaktian pukul 11.00 WIB dimulai.

Dalam perbincangan singkat di rumah dinas tersebut, terungkap bahwa Pdt. Tiarma Dewita Sibarani telah melayani sejak tahun 2012, lebih dari 8 tahun, di gereja tersebut. Ka. Dep. Koinonia mengapresiasi pendeta tersebut karena pelayanannya baik dan menginspirasi. Terbukti, selama Pdt. Dewi melayani di HKBP Pintu Bosi – Onan Ganjang, sebanyak 6 orang Naposobulung terinspirasi menjadi pendeta, 1 diantaranya telah mengikuti Latihan Persiapan Pelayanan (LPP) sebagai calon pendeta di Batam, 2 diantaranya telah lulus dari STT-HKBP dan menunggu pendaftaran calon pelayan dibuka, 1 orang diantaranya masih sedang kuliah di STT-HKBP Pematangsiantar, sedangkan 2 orang lainnya baru lulus dari SMA dan bersiap-siap untuk mendaftar ke STT-HKBP Pematangsiantar.

Hal lain yang menarik dari gereja ini adalah dalam memulai setiap kegiatan tepat pada waktu yang disepakati. Itulah sebabnya ketika berbincang-bincang di rumah dinas, yang tepat berada di depan gedung gereja, Pdt. Dewi segera mengingatkan bahwa waktu telah menunjukkan pukul 10.55 WIB, itu artinya sudah saatnya bergerak ke konsistori untuk persiapan kebaktian pukul 11.00 WIB. Demikian juga ketika memulai kebaktian jam 14.00 WIB (Ulaon na hohom) baik pendeta maupun para sintua segera mengingatkan waktu untuk bersiap-siap menuju pelayanan sembari bergegas mempersiapkan segala sesuatu.

Keanggotaan jemaat HKBP Pintu Bosi – Onan Ganjang ini hanya seratusan KK namun jumlah pengunjung kebaktian ke gereja cukup banyak. Hal itu diungkapkan para sintua dan pendeta, bahwa partisipasi jemaat dalam setiap kebaktian minggu memang selalu banyak, bukan karena sedang merayakan Jumat Agung saja.

 

Setelah acara ulaon na hohom selesai sekitar pukul 15.00 WIB, para sintua berkumpul di konsistori dan lebih intensif berkenalan dengan Pdt. Deonal Sinaga. Dalam kesempatan itu, para sintua menyampaikan beberapa hal terkait dengan pergumulan yang dihadapi jemaat ini. Pdt. Deonal Sinaga pun mendengar dengan seksama, hal-hal yang disampaikan dan dipergumulkan para pelayan tersebut. Sebagai bentuk tindakan pastoral, Pdt. Deonal Sinaga pun mendoakan jemaat dan para pelayan tersebut. Sebelum meninggalkan kompleks gereja, Pdt. Deonal Sinaga berfoto bersama dengan seluruh pelayan di depan gedung gereja. (KDK-NXC)



comments